ANALISIS PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMAS PGRI OENAY KECAMATAN KI’E KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN TAHUN AJARAN 2022/2023

TAOPAN, Selfita (2023) ANALISIS PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMAS PGRI OENAY KECAMATAN KI’E KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (525kB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (153kB)
[img] Text
3 BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
4 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
5 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
6 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
7 BAB V.pdf

Download (151kB)
[img] Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan kelas dalam pembelajaran Biologi di SMAS PGRI Oenay. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang analisis pengelolaan kelas oleh guru Biologi di sekolah tersebut. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru mata pelajaran, dan lima siswa kelas XI IPA. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat permasalahan utama yang dialami oleh siswa di SMA PGRI Oenay dalam pembelajaran Biologi diantaranya adalah siswa mengalami kesulitan memahami materi biologi, kurangnya fokus dan konsentrasi belajar siswa, adanya ketidak sesuaia pemahaman konsep dan jenis tes evaluasi yang digunakan guru. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pengelolaan kelas yang diterapkan oleh guru Biologi memberikan hasil positif dengan meningkatkan motivasi belajar siswa. Strategi tersebut meliputi pembelajaran kooperatif, penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan materi, pendekatan yang humoris, dan memberikan penilaian dan apresiasi kepada siswa yang aktif dalam kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Pengelolaan Kelas
Subjects: L Education > Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 07 Dec 2023 01:26
Last Modified: 07 Dec 2023 01:26
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/2803

Actions (login required)

View Item View Item