HYDE, Rabeca (2022) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING YANG DITERAPKAN GURU PAK UNTUK ANAK DISABILITAS PADA SLB NEGERI PEMBINA KUPANG TINGKAT SMA LB KELAS XI TUNA RUNGU (B) TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (56kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
Abstract
Model pembelajaran discovery learning adalah cara yang digunakan oleh para siswa untuk memahami konsep atau pengertian serta hubungannya melalui proses intutif dengan cara melakukan observasi, klasifikasi, pengukuran, prediksi, penentuan serta inferi sehingga pada akhirnya akan sampai dalam sebuah kesimpulan. Rumusan masalah adalah Bagaimana Efektifitas Model pembelajaran Discovery Learning yang diterapkan oleh guru untuk anak disabilitas pada SLB Negeri Pembina Kupang tingkat SMA LB kelas XI Tuna rungu (B) tahun ajaran 2021/2022? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ke-efektifan model pembelajaran discovery learning yang diterapkan oleh guru untuk siswa tuna rungu di SLB Negeri Pembina Kupang tingkat SMA Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dengan 2 responden yaitu guru dan siswa. Model Pembelajaran Discovery Learning terdiri dari 6 point penting yaitu pertama Stimulation, kedua Problem Statement, ketiga Data Collection, keempat Data Processing, kelima verification, dan keenam Generalization. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan yaitu Guru di SLB Negeri Pembina Kupang dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning untuk pembelajaran Pendidikan Agama Kristen kepada siswa tuna rungu sudah efektif tetapi tidak semua materi yang diajarkan oleh guru dapat menggunakan model pembelajaran Discovey Learning karena harus disesuaikan dengan materi yang ada sebab anak tuna rungu mempunyai keterbatasan dalam pendengaran, daya tangkap, dan mengkomunikasikan apa yang sedang mereka pelajari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektifitas model pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) Theology > Christian Theology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 01:30 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 01:30 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/1820 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |