PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI SMP NEGERI 20 KOTA KUPANG

LIEM, Nining Ariany (2022) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI SMP NEGERI 20 KOTA KUPANG. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (56kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (70kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh strategi pembelajaran cooperative script terhadap kemapuan berpikir kreatif siswa di SMP Negeri 20 Kota Kupang tahun 2021/2022. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran cooperative script terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di SMP Negeri 20 Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen tipe posttest control group design . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX yang beragama Kristen Protestan yang berjumlah 174 siswa. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IXA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 24 orang dan siswa kelas IX B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 19 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes berupa soal esai dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus uji “t”. Hasil penelitian menyatakan bahwa nilai rata-rata siswa yang menggunakan strategi pembelajaran cooperative script adalah 82,29 sedangkan nilai rata-rata siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional/ceramah yaitu 68,94. Uji hipotesis menggunakan rumus uji “t” diperoleh nilai thitung 6,38 dan nilai ttabel 1,682 sehingga diketahui bahwa thitung 6,38 > ttabel 1,682. Dengan demikian tolak H0 dan terima Ha. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran cooperative script sangat berpengaruh signifikan pada kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IX di SMP Negeri 20 Kota Kupang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran cooperative script dan kemampuan berpikir kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:07
Last Modified: 07 Feb 2023 02:07
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/1812

Actions (login required)

View Item View Item