ALLO, Melinda Febrines (2022) HUBUNGAN KOMPETENSI SOSIAL DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) TERHADAP PERKEMBANGAN KARAKTER SISWA DI SMK NEGERI 4 KOTA KUPANG TAHUN 2020/2021. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (56kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
Abstract
Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan SDM yang berkualitas dan berkarakter. Pendidikan berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepadaTuhan Yang MahaEsa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Namun kenyataannya ialah siswa memiliki karakter yang kurang baik sehingga membutuhkan guru untuk membentuk karakter siswa. Guru sebagai pendidik harus secara aktif dan menempatkan kedudukannya sebagai tenaga profesional, sesuai dengan tuntutan masyarakat yang semakin berkembang. Dalam hal ini guru tidak semata-mata mengajar, melaksanakan transfer nilai-nilai sekaligus sebagai pembimbing yang memberikan pengarahan dan menuntun siswa dalam belajar. Maka dari itu guru harus memenuhi standar professional atau dengan kata lain guru harusmemiliki kemampuan sebagai seorang pendidik, pembimbing, pengajar, dan lain sebagainya. Ada 4 standar kompetensi yang harus dikuasai oleh guru.2 di antaranya adalah kompetensi social dan kompetensi kepribadian.Hal inilah yang kemudian menjadi perhatian penulis untuk melakukan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 4 Kota Kupang, pada guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) sebanyak 3 orang dan siswa kelas XI TKJ 1sebanyak 20 orang. Metode penelitian yang digunakan ialah pengisian angket/kuesioner yang berisi pernyataan-pernyataan yang kemudian dianalisis.Kuesioner/angket diberikan kepada 3 guru dan 20 orang siswa untuk diisi sesuai dengan apa yang dialami atau berdasarkan kenyataan-kenyataan yang terjadi pada masing-masing siswa tersebut. Hasil penelitian r hitung 0,5890, r table 0,9072, t hitung 2,099, t table 1,734, kontribusi 34,96%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa terdapat hubungan kompetensi kepribadian dengan kompetensi social guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) terhadap perkembangan karakter siswa di SMK N 4 Kota Kupang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi sosial dan Kompetensi Kepribadian, Karakter Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) Theology > Christian Theology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 01:40 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 01:40 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/1789 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |