PENGARUH METODE RESITASI BERBANTUAN GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DALAM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI KELAS V SD INPRES OEFAU, KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN TAHUN PELAJARAN 2021/ 2022

BENU, Ice (2022) PENGARUH METODE RESITASI BERBANTUAN GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DALAM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI KELAS V SD INPRES OEFAU, KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN TAHUN PELAJARAN 2021/ 2022. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (56kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (70kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)

Abstract

Metode resitasi sering disebut pekerjaan rumah karna di sini guru memberikan tugas diluar jam pelajaran, metode ini selain merangsang siswa untuk aktif belajar baik secara individu maupun kelompok juga menanamkan tanggungjawab. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode resitasi berbantuan gambar terhadap hasil belajar kognitif pendidikan agama kristen, Di Kelas V SD Inpres Oefau Kabupaten Timor Tengah Selatan Tahun 2022. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksprimen tipe one gruppree-test-post-tesst. Populasi dalam penelitian ini siswaKelas V SD Inpres Oefau. Dengan siswa sebanyak 28 orang siswa dan guru pendidikan agama kristen 1 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebagai kelas eksprimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes objektif berupa pilihan ganda 20 butir soalnya dan teknik analisis data yang digunakan Uji-t. Hasil Analisis data hasil belajar menunjukan bahwa nilai rata-rata 13,92 pada kelas Pree-tes,dan 82,53 pada kelas Post-Tes. Uji hipotesis menunjukan bahwa thitungadalah 3,27 dikonsultasikan pada taraf 0,05 N-1= 52-1=50, maka harga ttabel 1,59 ini berarti ttabel ≤ thitung Maka Ha diterima dan Ho ditolak artinya pengaruh metode resitasi berbantuan ganbar terhadap hasil belajar kognitif pendidikan Agama Kristen di Kelas V SD Inpres Oefau, Kabupaten Timor Tengah Selatan Tahun 2022. Disimpulkan bahwa ada pengaruh metode resitasi berbantuan gambar terhadap hasil belajar kognitif PAK di kelas V sd inpres oefau. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data menunjukan bahwa nilai rata-rata 13,92 pada kelas Pree-tes,dan 82,53 pada kelas Post-Tes Ujihi potesis menunjukan bahwat hitung adalah 3,27 dikonsultasikan pada taraf 0,05 N-1= 52-1=50, maka harga ttabel1,59 ini berarti ttabel ≤ thitungMaka Ha diterima dan Ho ditolak. Saran sebaiknya guru menggunakan metode resitasi dan media gambar sebagai salah satual ternatif metode pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Resitasi, media gambar, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Theology > Christian Theology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 07 Feb 2023 00:52
Last Modified: 07 Feb 2023 00:52
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/1787

Actions (login required)

View Item View Item