PENUAM, Ninu Rosiana (2022) PERAN GURU SEKOLAH MINGGU: Suatu Tinjauan Teologi Pastoral Oleh Pendeta Bagi Guru Sekolah Minggu di Masa Pandemi Covid-19 Dan Sumbangsinya Bagi Jemaat GMIT Gunung Sinai Naikolan. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (56kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
Abstract
Guru sekolah minggu adalah orang yang dipilih dan ditetapkan Allah untuk menjadi kawan sekerja Allah dalam melayan ianak-anak dan memelihara anak-anak serta memberikan pengajaran yang baik kepada anak-anak. Dalam menjalankan peran guru sekolah minggu di masa pandemi Covid-19, seharusnya memberitakan Firman Tuhan dengan menggunakan banyak variasi sehingga menarik minat anak-anak sekolah minggu.Namun pada realita guru sekolah minggu di masa pandemi Covid-19 belum secara maksimal melakukan pembelajaran yang memotivasi anak-anak sekolah minggu.Saat mengajar di masa pandemic membua tbanyak guru tidak aktif dalam mengajar, karena selama masa pandemic beberapa kegiatan dan program kerja tidak terlaksana dengan baik.Misalnya tidak adanya PA bersama para guru sekolah minggu, tidak adanya alat peraga yang digunakan, kesulitan bertemu dengan anak-anak sekolah minggu, dan lain-lain.Hasil penelitian, penulis juga menemukan bahwa masing banyak guru sekolah minggu yang masih mengabaikan tugas dan tanggungjawab mereka dalam mengajar dan memberikan pelayanan bagi anak-anak sekolah minggu.Hal ini menjelaskan bahwa penting bagi gereja untuk memberikan pendampingan pastoral bagi mereka.Penelitian ini berfokus pada pendampingan pastoral oleh pendeta bagi guru sekolah minggu GMIT Gunung Sinai Naikolan di rayon I sampai rayon IX di masa pandemi covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sekolah minggu di masa pandemi covid-19, dengan menggunakan landasan teori pastoral bagi guru sekolah minggu di Jemaat GMIT Gunung Sinai Naikolan di masa pandemi covid-19.Untuk mendapatkan hasil yang akurat dari penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara dan sampel dalam penelitian ini adalah pendeta, orang tua dan para guru sekola hminggu di Jemaat GMIT Gunung Sinai Naikolan.Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa penting bagi guru sekolah minggu untuk secara sadar memahami peran dan tanggungjawab mereka sebagai pengajar yang mengikuti teladan YesusKristus, yang mampu menghadapi tantangan pelayanan di masa pandemi covid-19.Pemahaman dan pemaknaan ini didapatkan dalam gereja yang memberikan pelayanan pastoral bagi guru-guru sekolah minggu di Jemaat GMIT Gunung Sinai Naikolan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru Sekolah Minggu, Covid-19, Pastoral |
Subjects: | Theology > Christian Theology |
Divisions: | Fakultas Teologi > Teologi Agama Kristen |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 28 Jan 2023 04:03 |
Last Modified: | 28 Jan 2023 04:03 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/1731 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |