PELAYANAN YANG BERDAMPAK: Suatu Studi Eksegetis terhadap teks Kisah Para Rasul 3:1-10 dan Sumbangsihnya bagi Pola Pelayanan Gereja GMIT Bukit Kasih Baumata Barat dalam Upaya Pelayanan yang Berdampak

BANA, Maria Efayana (2022) PELAYANAN YANG BERDAMPAK: Suatu Studi Eksegetis terhadap teks Kisah Para Rasul 3:1-10 dan Sumbangsihnya bagi Pola Pelayanan Gereja GMIT Bukit Kasih Baumata Barat dalam Upaya Pelayanan yang Berdampak. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (56kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (70kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)

Abstract

Salah satu kisah Alkitab yang berbicara tentang pelayanan ialah pelayanan rasul Petrus dan Yohanes dalam Kisah Para Rasul 3:1-10. Kitab Kisah Para Rasul ditulis agar Teofilus mengetahui bahwa pelayanan para rasul pada waktu lampau dipimpin oleh Roh Kudus. Mereka terus bertumbuh dan diperlengkapi, sehingga mereka mampu untuk melayani secara holistik: melayani tanpa memandang orang serta memperhatikan segala aspek kehidupan umat yang dilayani. Dalam realitas kehidupan berjemaat di GMIT Bukit Kasih Baumata Barat; ada majelis jemaat yang tidak aktif melayani, dan ada juga program pelayanan yang tidak berjalan. Sehingga, program-program pelayanan yang telah dirancangkan kurang memberi dampak yang baik bagi jemaat. Penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang lebih mendalam tentang hal ini. Bagaimana model pelayanan dari rasul Petrus dan Yohanes? Apa indikator yang dilihat untuk memberikan sumbangsih bagi jemaat terkait dengan pelayanan yang berdampak di jemaat GMIT Bukit Kasih? Untuk mengkaji hal tersebut, penulis menggunakan metode penulisan deskriptif-analisis-reflektif dan metode penafsiran Historis Kritis.Selanjutnya untuk mendaratkan pada konteks, tulisan penulis didukung dengan observasi dan wawancara guna melihat realita masalah yang ada di dalam jemaat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di jemaat GMIT Bukit Kasih Baumata Barat, ada tantangan tersendiri di dalam pelayanan yang dijalankan. Ada majelis jemaat yang tidak aktif melayani, dan di sisi lain program pelayanan yang holistikpun disusun bagi kehidupan di dalam jemaat, baik untuk rohani maupun jasmani. Berkaitan dengan pelayanan tersebut, kemudian timbul beberapa hal: ada beberapa program yang tidak berjalan sebab keuangan jemaat yang minim, sehingga ada program yang tidak berjalan dan memberi dampak bagi jemaat. Selain itu, ada juga program yang tidak berjalan juga memberi dampak sebab tidak adanya peminat di dalam jemaat akan hal tersebut. Bertolak dari hal tersebut, maka pemberdayaan bagi jemaat menjadi hal penting dan yang harus diusahakan. Melihat dari pelayanan rasul Petrus dan Yohanes, segala hal yang ada yang hendaknya diusahakan oleh para pelayan Tuhan masa kini bagi pelayanan yang bisa memberi dampak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelayan, pelayanan, holistik, berdampak, jemaat.
Subjects: Theology > Christian Theology
Divisions: Fakultas Teologi > Teologi Agama Kristen
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 28 Jan 2023 00:24
Last Modified: 28 Jan 2023 00:24
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/1706

Actions (login required)

View Item View Item