PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SMP NEGERI 1 KUPANG TENGAH TAHUN AJARAN 2019/2020

BANA, Maria (2020) PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SMP NEGERI 1 KUPANG TENGAH TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. BAB 1.pdf

Download (110kB) | Preview
[img] Text
04. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
05. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
06. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img]
Preview
Text
07. BAB 5.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kupang Tengah. Tujuan penelitian ini untuk pengaruh model pembelajaran Reciprocal teaching berbantuan media kartu bergambar terhadap hasil belajar kognitif siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain posstest-only control design. populasi seluruh siswa kelas VIII berjumlah 320 siswa dan sampel kelas VIIIA dan kelas VIIIB berjumlah 60 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan Uji t, dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen lebih tinggi yaitu mengingat (C1) 82,37%, memahami (C2) 72,33%, menerapkan (C3)60,08%, dibandingkan dengan hasil belajar pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 karena nilai sig. (2-tailed)<0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa ada pengaruh model reciprocal teaching berbantuan media kartu bergambar terhadap hasil belajar siswa. Adanya pengaruh hasil belalajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, karena kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching berbantuan media kartu bergambar sedangkan kelas kontrol menggunakan modeel ceramah. sehingga dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh signifikan dalam penggunaan model reciprocal teaching berbantuan media kartu bergambar terhadapa hasil belajar siswa karena model reciprocal teaching menekankan pada kerjasama dalam kelompok dan didalamnya ada empat aktivitas yaitu membuat rangkuman, membuat pertanyaan, memprediksi jawaban, menjelaskan. sehingga siswa yang lebih paham membantu siswa yang kurang paham.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Reciprocal teaching, kartu bergambar, hasil belajar kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 11 Jul 2022 01:06
Last Modified: 11 Jul 2022 01:06
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/140

Actions (login required)

View Item View Item