KIIK, Elvira Norciana (2022) PENGARUH STIMULUS MEDIA IKLAN, UANGSAKU, USIA DAN GENDER TERHADAP KECENDERUNGAN PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PRODUK HAND AND BODY LOTION VASELINE (Studi Kasus Di Dutalia Swalayan Kupang). Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (56kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh media iklan terhadap pembelian impulsive produk hand and body lation Vaseline di Dutalia Swalayan Kupang.Penelitian ini dilakukan dengan metode survei, data diperoeh dengan penyebaran kuesioner kepada 96 responden.Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen di Dutalia Swalayan Kupang, sampel yang diambil ditetapkan. Metode sampel yang digunakan adalah accidental sampling yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan kebetulan, siapa saja yang pernah melakukan pembelian di Dutalia Swalayan Kupang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner Teknik analisis data menggunkan analisis linear berganda, dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t (secara parsial), dan uji f (simultan). Data yang dikumpulkan akan dioalah dengan analisis regresi linear berganda Y= a +b1 X1 + b2X2 + b3X3 +b4X4 +e serta melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji f (simultan). Data yang dikumpulkan akan diolah dengan analisis regresi linear berganda Y=a +b1 diperoleh X1 = 4.329 nilai t hitung tersebut selanjutnya dibandingkan nilai t tabel untuk kesalahan 5% maka diperoleh t hitung > t tabel sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Selanjutnya data diperoleh X2 = 6.707 nilai t hitung > t tabel sehingga Ha ditolak. Selanjutnya data diperoleh X3 = 5.770 dimana nilai t hitung > t tabel sehingga Ho diterima dan Ha ditolak.Selanjutnya data diperoleh X4 =11.009 dimana nilai t hitung > t tabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: media iklan, uang saku, usia dan gender berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsive produk hand and body lotion Vaseline di Dutalia Swalayan Kupang. Berdasarkan hasil uji F analisis regresi linear berganda maka dapat diketahui signifikan untuk variabel media iklan (X1), uang saku (X2), usia (X3), gender (X4), terhadap pembelian impulsive (Y) adalah 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung lebih besar F tabel (311.596>23)sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simultan (Bersama-sama) untuk variabel media iklan (x1), uang saku (X2), usia (X3), gender (X4), berpen garuh positif terhadap pembelian impulsif (Y). Pengaruh Media Iklan (X1) Terhadap Pembelian Impulsif (Y) Hasil penelitian pada variabel media iklan (X1) memiliki pengaruh positif terhadap pembelian impulsive (Y) prodyk hand and body lotion Vaseline di Dutalia Swalayan Kupang. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung sebesar 4.329, sehingga variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat di Dutalia Swalayan Kupang. Penelitian ini sejalan dengan yang dilakukan oleh Mila Noni Alfiolita pada tahun 2021 dengan judul pengaruh literasi ekonomi, media iklan dan control diri terhadap pembelian impulsive mahasiswa, hasil penelitian menyimpulkan bahwa media iklan berpengaruh terhadap pembelian impulsif. Pengaruh Uang Saku (X2) Terhadap Pembelian Impulsif (Y) hasil penelitian pada variabel uang saku (X2) menunjukan bahwa uang saku memiliki pengaruh positif terhadap pembelian impulsif (Y) produk hand and body lotion vaseline di Dutalia Swalayan Kupang. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian yang memiliki nilai t hitung sebesar 6.707, sehingga variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat pembelian impulsif produk hand body lotion vaseline di Dutalia Swalayan Kupang. Hal ini mendukung penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Noni purnama Sari pada tahun 2019 dengan judul pengaruh uang saku terhadap pola konsumsi mahasiswa fakultas ekonomi IAIN Bengkulu, hasil penelitian menyimpulkan bahwa variabe uang saku berpengaruh terhadap pola konsumsi mahasiswa ekonomi IAIN Bengkulu. Pengaruh Usia (X1) Terhadap Pembelian Impulsif (Y) Hsail penelitian pada variabel Usia (X3) menunjukan bahwa Usia memiliki pengaruh positif terhadap pembelian impulsif produk (Y) hand and body lotion vaseline di Dutalia Swalayan Kupang. Hal ini dapat dilihat dari hasil penguji yang memiliki nilai t hitung sebesar 5.770, sehingga variabel bebas berpengaruh terhadap bariabel terikat pembelian impulsif produk hand body lotion vaseline di Dutalia Swalayan Kupang. Hal ini mendukung penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Muhamad Wildan pada tahun 2021 dengan judul pengaruh stimulus media ikllan, usia, dan gender terhadap perilaku pembelian impulsif produk fashion, hasil penelitian menyimpulkan bahwa variabe usia berpengaruh terhadap pperilaku pembelian impulsif. Pengaruh Gender (X4) terhadap Pembelian Impulsif (Y) Hasil penelitian pada variabel Gender (X4) menunjukan bahwa gender memiliki pengaruh positif terhadap pembelian impulsif (Y) produk hand body vaseline di Dutalia Swalayan Kupang. Hal ini dapat dilihat dari hasil penguji yang memiliki nilai t hitung 11.009, sehingga variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat pembelian impulsif produk hand body lotion vaseline di Dutalia Swalayan Kupang. Hal ini mendukung penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Dwi Purwanto pada tahun 2018 dengan judul pengaruh gender,promosi penjualan, dan sifat materealisme terhadap perilaku impulse buying secara online pada mahasiwa fakultas ekonomi universitas negeri Yogyakarta, hasil penelitian menyimpulkan bahwa variabel gender berpengaruh terhadap perilaku impulse buying.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Media iklan, Uang saku, Usia, Gender dan Pembelian Impulsif |
Subjects: | Economic > Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Ekonomi Manajemen |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 02:37 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 02:37 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/1379 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |