KLARAN, Maria Ikaryanti (2022) ANALISIS PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN YANG MENGINAP DI HOTEL MATAHARI ATAMBUA. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (56kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh harga terhadap loyalitas konsumen yang menginap di Hotel Matahari Atambua; 2) mengetahui pengaruh promosi terhadap loyalitas konsumen yang menginap di Hotel Matahari Atambua; 3) mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen yang menginap di Hotel Matahari Atambua. Harga adalah sejumlah uang yang dibutuhkan sebagai alat tukar untuk memperoleh sejumlah kombinasi dari produk dan pelayanannya. Dalam hubungannya dengan loyalitas pelanggan terutama pada jasa perhotelan kesesuaian harga yang diukur melalui tingkat harga, potongan harga dan metode pembayaran dapat mempengaruhi keinginan konsumen untuk menginap. Ketika harga yang ditawarkan pihak hotel terus sesuai dengan kriteria harga yang mereka inginkan maka akan membuat mereka kambali untuk menginap sehingga akan meningkatkan loyalitas mereka terhadap hotel. Iklan yang diberikan melalui informasi tentang keunggulan atau keuntungan advertising dan public relation dapat mempengaruhi loyalitas konsumen terhadap suatu produk. Dalam kaitannya dengan loyalitas pelanggan dalam sangat erat karena ketika promosi-promosi yang dilakukan selalu efektif dalam menarik minat pelanggan maka dapat mempengaruhi keinginan mereka untuk membeli kembali produk dan jasa yang ditawarkan, maka hal tersebut dapat meningkatkan loyalitas mereka terhadap perusahaan. Kualitas pelayanan adalah sebagai seberapa jauh perbedaan antara kenyataan dan harapan para pelanggan atas layanan yang mereka terima. Kualitas pelayanan dapat diketahui dengan cara membandingkan persepsi para pelanggan atas layanan yang benar-benar mereka terima. Kaitannya dengan loyalitas pelanggan dalam bidang perhotelan ketika hotel memberikan kualitas pelayanan yang baik dan dapat memuaskan keinginan dari pelanggan, maka hal tersebut akan mempengaruhi keinginan pelanggan tersebut untuk kembali menginap dan menggunakan jasa dari hotel tersebut yang akan berdampak terhadap loyalitas pelanggan dari hotel tersebut. Loyalitas konsumen merupakan komitmen konsumen untuk bertahan secara mendalam dengan tujuan untuk berlangganan kembali atau melakukan pembelian ulang produk atau jasa terpilih secara konsisten dimasa yang akan datang, meskipun pengaruh situasi dan usaha-usaha pemasaran mempunyai potensi untuk menyebabkan perubahan perilaku. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna jasa Hotel Matahari Atambua sejak tahun 2018 hingga bulan Juli 2022 yakni sebanyak 4.890 orang. Sedangkan teknik penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Rao Purba. Dengan demikian jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang. Kemudian data responden dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda, Uji t dan Uji F yang dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 26.0. Dari hasil analisis pendahuluan yang menggunakan analisis deskriptif presentase diketahui bahwa, variabel harga berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 72,66, variabel promosi berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 73,67, variabel kualitas pelayanan juga berada pada kategori rendah dengan nilai rata-rata 68,88, dan variabel loyalitas konsumen berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 84,96. Hasil analisis lanjutan dalam analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS dengan hasil nilai konstanta b sebesar 9.173. Hasil Uji t menunjukkan bahwa harga berpebgaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen (t-hitung 2.762 > nilai t-tabel 1,985,); promosi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen (t-hitung 2.278 > nilai t-tabel 1,985); kualiitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen (t-hitung 4.048 > nilai t-tabel 1,985). Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan harga, promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen yang menginap di Hotel Matahari Atambua dengan nilai (F-hitung 6,969 > F-tabel 2,698).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Konsumen |
Subjects: | Economic > Economy Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Ekonomi Manajemen |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 04:24 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 04:24 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/1363 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |