LESIK, Kevin Imanuel (2021) EFEKTIVITAS PERKULIAHAN MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN E_LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI UNIVERSITAS KRISTEN ARTHA WACANA KUPANG PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (488kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (402kB) | Preview |
Abstract
Pandemi COVID-19 berdampak pada seluruh elemen kehidupan manusia, salahsatunya turut dirasakan dalam dunia pendidikan, dimana yang semulanya pembelajaran dilaksanakan secara langsung didalam kelas namun digantikan dengan pembelajaran jarak jauh (e-learning). Program studi pendidikan biologi (UKAW) dalam melaksanakan perkuliahan juga menajalankan sistem perkuliahan daring, namun ditemukan masalah yang beragam dalam menjalankan proses pembelajaran, diantaranya kenyaman pembelejaran, sarana dan prasarana pendukung pembelajaran, pembiayaan dan tingkat adapatasi mahasiswa dalam pembelajaran. oleh karena itu perlu dilakukan suatu penelitian yang dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas perkuliahan mahasiswa melalui pembelajaran pembelajaran E-learning di masa pandemi COVID-19. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2020 yang berjumlah 41 orang mahasiswa. data diperoleh menggunakan kuesioner berbantuan google form, selanjutnya dianalisis menggunakan rumus TCR (Tingkat Capaian Responden). Sehingga mendapatkan hasil yang menunjukan rata-rata persentase sebesar 60% dikategorikan cukup efektif. Yang artinya pembelajaran online perlu didukung dengan kesiapan mahasiswa dan dosen itu sendiri, dimana perlu memperhatikan ketersedian perangkat lunak maupun perangkat keras dengan baik. Dilain sisi pembelajaran daring dapat membantu dalam menggantikan pembelajaran secara konvensional dimasa pandemi COVID-19. Dengan e-learning dapat memberikan kebebasan bagi mahasiswa dalam mengakses segalah informasi (literasi digital) yang berkaitan dengan tema pembelajaran di manapun dan kapanpun. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perkuliahan melalui pembelajaran e-learning di masa pandemi COVID-19 cukup efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas Perkuliahan, Melalui E_Learning Pada, Masa Pandemi Covid-19 |
Subjects: | L Education > Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 08 Jul 2022 04:36 |
Last Modified: | 08 Jul 2022 04:36 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/135 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |