LAKO, Hendrikus (2022) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN BARISTA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI CAFFE SA’O MPIG ARABIKA BAJAWA. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (56kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
Abstract
Perkembangan usaha kuliner semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan gaya hidup masyarakat, pola pekerjaan serta peningkatan penghasilan masyrakat, pola pekerjaan serta peningkataan penghasilan masyarakat, terutama pada masyarakat perkotaan, salah satu bentuk usaha kuliner adalah caffe. Caffe adalah suatu restoran kecil yang berada diluar hotel yang memiliki pilihan makanan yang sangat terbatas dan tidak menjual minuman yang beralkhol tinggi, tetapi tersedia minuman sejenis bir, soft drink, teh, kopi, cake, cemilan dan lain-lain (Budiningsi, 2009:51). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner.Kuesioner merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau peryataan tertulis kepadares ponden untuk dijawab (Sugiyono 2013:199). Pada penelitian ini, peneliti akan membagikan kuesioner kepada tamu yang datang di Sa’o MPIG Arabika Bajawa. Kuesioner merupkan sejumlah pertanyaanter tulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden dalam arti laporan tentang pribadinya, atau hal-hal yang diketahui. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang berkunjung dan menggunakan jasa Caffe pada bulan Juni 2019 dengan total 1.629 pelanggan.Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling yaitu eksidental sampling, dengan menggunakan rumus Slovin sehingga di dapat sampel sebanyak 73 responden.Berdasarkan hasil rekapitulasi karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin yang paling dominan adalah yang berjenis kelamin pria sebanyak 47 orang dengan presentasi 64% dan yang berjenis kelamin wanita sebanyak 26 orang dengan presentasi 36% dari total responden. Kemudian berdasarkan usia yang paling tertinggi adalah responden yang berusia 20-29 tahun sebanyak 34 orang dengan presentasi 47%. Berdasarkan jenis pekerjaan semua responden dalam penelitian ini berprofesi sebagai wiraswastay aitu 29 orang dengan presentasi 40%. Berdasarkan hasil rekapitulasi perhitungan jawaban kuesioner dengan jumlah 14 item pernyataan yang dibagikan pada 73 respondententangtentangvariabel X1, X2 dan Y diperoleh rata-rata sebesar 3,66% dan berada pada kategori setuju/kuat, hal ini di buktikan melalui hasil rekapitulasi pengolahan data yang diperoleh nilai tertinggi sebesar 3,34 dan nilai terenda hsebesar 3,53. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, studi pustaka dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian di analisis menggunakan uji t, uji f dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk (X1) dan variabel kualitas layanan barista (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen (Y), karena memiliki nilai sig t dan masing-masing sebesar 0,000 dan 0,004 <tingkat kesalahan 0,1. Hasil regresi menunjukkan bahwa nilai R2 sebesar 0,884, sehingga dapat disimpulkan bahwa, kualitas produk dan kualitas pelayanan barista yang diterapkan oleh caffe Sa’oMpig Arabika Bajawa mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen sebesar 88,4% dan sisanya 11,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Barista dan Kepuasan Konsumen. |
Subjects: | Economic > Economy Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Ekonomi Manajemen |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 03:27 |
Last Modified: | 06 Feb 2023 05:25 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/1275 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |