LEOANAK, Nurnuvita (2021) PENGARUH STRATEGI EKSPERIENTAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DI SMP NEGERI 1 PANTAI BARU TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (707kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (774kB) |
|
![]() |
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (700kB) |
|
![]() |
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (578kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (485kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi Exsperiental Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian Quasi-Experimental-Design dengan desain Posstest-Only Control Design. Populasi seluruh siswa kelas VIII berjumlah 40 siswa dan sampel kelas VIIID dan kelas VIIIE berjumlah 44 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar. Data hasil belajar siswa yang diperoleh dianalisis menggunakan Uji t, dengan bantuan SPSS For Windows versi 25.0. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung>ttabel atau 20,185>2,018 dengan signifikan 0,000 atau kurang dari 0,5 hal tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan eksperimen . Hal ini dapat dilihat dari adanya pengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa, dimana pada kelas eksperimen memoeroleh nilai rata-rata sebesar 80,29 sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata sebesar 52,35, ini dikarenakan model pembelajaran Exsperiental Learning tidak sebagai pengajar saja tetapi juga memberikan motivasi terhadap peserta didiknya, sehingga siswa sangat merasa bersemangat dan gembira serta timbul rasa percaya diri dalam belajar agar giat serta melakkukan hal positif berdasarkan level kecerdasannya. Selain itu juga dapat dilihat dari persentase hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar siswa pada kelas kontrol yaitu C1 89,81 %, C2 86,97% , C3 84,89% . Sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh yang signifikan dalam penggunaan strategi Eksperiental Learning terhadap hasil belajar kognitif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Eksperiental Learning, Hasil Belajar Kognitif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 02:30 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 02:30 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/118 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |