PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TRUE OR FALSE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SMP NEGERI 1 KUPANG BARAT TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

RAJA, Pricillia P. I. S. S. (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TRUE OR FALSE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SMP NEGERI 1 KUPANG BARAT TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img]
Preview
Text
01. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. BAB I.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img]
Preview
Text
07. BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kupang Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran True or False terhadap hasil belajar. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Posstest-Only Control Design. Populasi seluruh siswa kelas VII berjumlah 106 siswa dan sampel kelas VIIA dan kelas VIIC berjumlah 28 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan Posttest. Data hasil belajar siswa yang diperoleh dianalisis menggunakan Uji t, dengan bantuan SPSS For Windows versi 25.0. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung>ttabel atau 8,580>2,055 dengan signifikan 0,000 atau kurang dari 0,5 hal tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan eksperimen. Hal ini dapat dilihat dari adanya pengaruh terhadap pemahaman siswa mengenai pentingnya belajar membuat siswa menyadari bahwa untuk mendapatkan keberhasilan perlu adanya ketertarikan dalam memahami suatu konsep dalam pembelajaran, selain itu juga dilihat dari sikap siswa yang berantusias dalam belajar, memiliki rasa ingin tahu, dan berani menyampaikan pendapat saat proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan model pembelajaran True or False memiliki potensi yang cukup besar yaitu dapat mengembangkan ide siswa tentang suatu masalah dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat persentase hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar siswa pada kelas kontrol yaitu C1 95,71 %, C2 77,14% , C3 72,85% . Hal ini dikarenakan pada kelas eksperimen siswa lebih aktif mencari tahu sendiri tentang konsep-konsep penting dalam pembelajaran sehingga siswa lebih mudah mengingat, memahami dan menerapkan apa yang ditemukan dalam pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran True or False terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, True or False, Hasil Belajar Kognitif Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 19 Jul 2022 01:30
Last Modified: 19 Jul 2022 01:30
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/665

Actions (login required)

View Item View Item