MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERMAINAN SEPAK BOLA DENGAN PENDEKATAN SHOOTING COLOUR PADA SISWA SD NEGERI BERTINGKAT NAIKOTEN KOTA KUPANG

PADAMA, Pitherson (2025) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERMAINAN SEPAK BOLA DENGAN PENDEKATAN SHOOTING COLOUR PADA SISWA SD NEGERI BERTINGKAT NAIKOTEN KOTA KUPANG. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (879kB)
[img] Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (543kB)
[img] Text
3.BAB I.pdf

Download (629kB)
[img] Text
4.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB)
[img] Text
5.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
7.BAB V.pdf

Download (590kB)
[img] Text
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (481kB)

Abstract

Latar belakang: Masih rendahnya keaktifan dan gerak dasar permainan sepak bola dalam pembelajaran sepak bola pada siswa SD Negeri Bertingkat Naikoten. Tujuan penelitian: untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam permainan sepak bola dengan pendekatan Shooting Colour bagi siswa SD Negeri Bertingkat Naikoten Kota Kupang. Metode penelitian: Penelitian ini memberikan tindakan kepada subjek yang diteliti yaitu siswa/siswi dan guru bertindak sebagai observer. Penelitian tindakan kelas (PTK) Merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan kualitas peran dan tanggung jawab guru khususnya dalam pengelolahan pembelajaran. Hasil dan pembahasan: Hasil pembahasan menunjukanbahwa peningkatan pendekatan bermain sepak bola shooting colour siswa pada umumnya, seluruh siswa mau dan mampu melakukan semua kegiatan sepak bola. Keaktifan anak siswa sebanyak 28 orang, tidak ada siswa yang mendapat nilai cukup. Sedangkan untuk perkembangan permainan shooting colour gerakan passing 26 siswa (92,8%) kategori Baik (B), 2 siswa (7,2%) kategori Cukup (C). Tidak ada siswa yang mendapat kategori Kurang (K), Shooting 22 siswa (78,5%) kategori baik (B), 6 siswa (21,8%) kategori Cukup (C), Tidak ada siswa yang mendapat kategori Kurang (K), Kontrol 21 siswa (75%) kategori Baik (B), 7 siswa (25%) kategori Cukup (C), tidak ada siswa yang mendapat kategori Kurang (K). Kesimpulan: Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran sepak bola yang dilakukan dengan pendekatan bermain Shooting colour dapat meningkat. Keaktifan dan gerak dasar sepak bola anak yaitu: keaktifan, pasing, shoting dan konttrol dalam permaian sepak bola. Keaktifan hasil siklus I sampai siklus II 100% anak dengan kategori baik. Pelaksanaan kategori kurang 1% kategori baik 88%, sedankan kategori sangat baik 10% sehingga pada siklus 1 dan II sudah 99% peserta didik mendapat kategori sangat baik dari target 85% peseta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar permainan sepak bola shooting colour
Subjects: L Education > Sports
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Ms Sarce Henukh
Date Deposited: 16 Dec 2025 05:51
Last Modified: 16 Dec 2025 05:51
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5838

Actions (login required)

View Item View Item