HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS FISIK DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 3E KUPANG

YUSMAN, Fridolin Yohanes (2025) HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS FISIK DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 3E KUPANG. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (276kB)
[img] Text
03 BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] Text
04 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB)
[img] Text
05 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
06 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
07 BAB V.pdf

Download (275kB)
[img] Text
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pemahaman bahwa aktivitas fisik yang diterapkan sehari-hari tidak hanya bermanfaat untuk mencapai kondisi kesehatan yang optimal, tetapi juga dapat mendukung proses pendidikan yang berujung pada peningkatan prestasi belajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana hubungan antara aktivitas fisik dan prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah desain potong lintang, dengan sampel sebanyak 30 responden yang dipilih melalui total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner untuk mengukur aktivitas fisik dan dengan mengambil nilai rapor untuk menilai prestasi belajar. Analisis data dilakukan menggunakan uji Chi-Square menggunakan SPSS Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari jumlah 30 sampel, maka hasil menunjukan 21 orang (70%), berada dalam kategori aktivitas fisik sedang, 6 siswa (20%) berada dalam kategori aktivitas fisik ringan, dan 3 responden (10%) dalam kategori aktivitas fisik berat. Sedangkan prestasi belajar, 13 sampel (43,3%) memiliki kategori prestasi belajar sangat baik (85-100), dan 17 responden (56,7%) berada dalam kategori prestasi belajar baik (75-84), dengan tidak ada responden yang masuk dalam kategori cukup dan kurang. Hasil analisis bivariat menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik dan prestasi belajar dengan nilai ρ=0.007<0,05. Meskipun terdapat hubungan signifikan, korelasi yang ditemukan antara aktivitas fisik dan prestasi belajar sangat lemah (r=-.115) dengan arah korelasi negatif, yang mengindikasikan bahwa semakin berat aktivitas fisik, semakin buruk prestasi belajar yang diperoleh. Simpulan, penelitian ini menegaskan bahwa terdapat hubungan signifikan antara aktivitas fisik dan prestasi belajar, namun dengan korelasi yang sangat lemah dan arah yang negatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas fisik, Prestasi belajar
Subjects: L Education > Sports
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Ms Sarce Henukh
Date Deposited: 16 Dec 2025 03:30
Last Modified: 16 Dec 2025 03:30
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5795

Actions (login required)

View Item View Item