PERAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU PENDIDIKAN TEOLOGI TAHUN 2021-2023

ROTTE, Ritno Yunandres (2025) PERAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU PENDIDIKAN TEOLOGI TAHUN 2021-2023. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img]
Preview
Text
01 COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 BAB I.pdf

Download (414kB) | Preview
[img] Text
04 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
05 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
06 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img]
Preview
Text
07 BAB V.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Program Kampus Mengajar dalam meningkatkan kompetensi pedagogik mahasiswa. Penelitian dengan pendekatan kualitatif ini melibatkan 9 responden mahasiswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling dengan kriteria pernah terlibat langsung dalam pelaksanaan program Kampus Mengajar. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Kampus Mengajar efektif meningkatkan kompetensi pedagogik mahasiswa, terutama dalam menguasai karakteristik peserta didik; menguasai teori dan prinsip-prinsip pembelajaran; mengembangkan kurikulum dan rancangan pembelajaran; menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik, memanfaatkan TIK untuk kepentingan pembelajaran; memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik; berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik; menyelenggarakan evaluasi dan penilaian proses serta hasil belajar; memanfaatkan hasil evaluasi dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran; dan melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Analisa hasil wawancara peningkatan kompetensi mahasiswa memiliki presentase 91,98% pada peningkatan Kompetensi Pedagogik dengan kualifikasi pada kategori Sangat Baik. Kesimpulannya, peneliti menemukan bahwa dengan banyaknya pelaksanaan kegiatan dalam program Kampus Mengajar sangat berperan secara signifikan dalam meningkatkan kompetensi pedagogik mahasiswa calon guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kampus Mengajar, Kompetensi Pedagogik
Subjects: Theology > Christian Theology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi
Depositing User: Ms Sarce Henukh
Date Deposited: 16 May 2025 01:37
Last Modified: 16 May 2025 01:37
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5120

Actions (login required)

View Item View Item