MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V MELALUI MEDIA POWERPOINT DISD NEGERI OERANTIUMKECAMATAN AMARASI BARAT KABUPATEN KUPANG PROVINSI NUSATENGGARA TIMUR TAHUN AJARAN 2023/2024

ISMAU, Mervin Sarlota (2024) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V MELALUI MEDIA POWERPOINT DISD NEGERI OERANTIUMKECAMATAN AMARASI BARAT KABUPATEN KUPANG PROVINSI NUSATENGGARA TIMUR TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01. COVER - DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (846kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (419kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam kajian ini bagaimana meningkatkan motivasi belajar siswa kelas v melalui media power point di sd negeri oerantium kecamatan amarasi barat kabupaten kupang provinsi nusa tenggara timur?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V dengan menggunakan media PowerPoint dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, di mana setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Oerantium dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 16 Orang. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, aktivitas guru mencapai 44%, aktivitas siswa 61%. Setelah perbaikan pada siklus II, aktivitas guru meningkat menjadi 80%, aktivitas siswa menjadi 93%, Penggunaan PowerPoint yang lebih interaktif dan visual terbukti efektif dalam meningkatkan perhatian dan motivasi belajar siswa. Saran dalam penelitian ini peneliti merekomendasikan penggunaan PowerPoint sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaran yang membutuhkan visualisasi konsep abstrak. Selain itu, sekolah diharapkan dapat menyediakan sarana pendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Power point
Subjects: L Education > L Education (General)
Theology > Christian Theology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi
Depositing User: Ms Sarce Henukh
Date Deposited: 22 May 2025 03:25
Last Modified: 22 May 2025 03:25
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5113

Actions (login required)

View Item View Item