SESFAO, Anjelina (2025) PROFIL KINERJA GURU PENGGERAK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN KOTA RAJA TAHUN 2024. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
01. COVER.pdf Download (936kB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
03. BAB I.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
![]() |
Text
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
![]() |
Text
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
![]() |
Text
07. BAB V.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
Abstract
Pendidikan agama Kristen memiliki peran penting dalam pembentukan karakter dan nilai moral siswa. Guru penggerak mata pelajaran pendidikan agama Kristen memegang peranan kunci dalam memberikan pendidikan agama Kristen kepada siswa-siswi di Sekolah Dasar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi pengembangan kompetensi guru penggerak mata pelajaran pendidikan agama Kristen dalam merencanakan pembelajaran yang efektif dan relevan dalam konteks pendidikan saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menggali profil kinerja guru penggerak mata pelajaran pendidikan agama Kristen di Sekolah Dasar Kecamatan Kota Raja. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui observasi langsung dan wawancara mendalam dengan guru-guru penggerak mata pelajaran pendidikan agama Kristen yang telah ditunjuk sebagai penggerak mata pelajaran pendidikan agama Kristen di sekolah dasar yang menjadi subjek penelitian. Penelitian dilakukan di beberapa sekolah dasar di Kecamatan Kota Raja untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru penggerak mata pelajaran pendidikan agama Kristen di Sekolah Dasar Kecamatan Kota Raja memiliki kinerja yang baik dalam melaksanakan tugas mereka. Mereka aktif susun sesuai hasil analisis kompetensi dasar, pokok materi pembelajaran, merumuskan tujuan pembelajaran, isi materi pembelajaran, memilih dan menetapkan pendekatan, model, strategi, metode, dan teknik penilaian serta merumuskan rubrik penilaian dan instrument evaluasi yang sesuai dengan kurikulum, dan membimbing siswa-siswi dalam memahami ajaran agama Kristen. Selain itu, para guru penggerak mata pelajaran pendidikan agama Kristen ini juga memiliki komunikasi yang baik dengan orang tua siswa-siswi untuk mendukung pembelajaran agama Kristen di jam sekolah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang kinerja guru penggerak mata pelajaran pendidikan agama Kristen di Sekolah Dasar Kecamatan Kota Raja. Rekomendasi dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pihak sekolah dan pemerintah daerah dalam meningkatkan mutu pembelajaran agama Kristen di tingkat Sekolah Dasar Kecamatan Kota Raja yang pada akhirnya akan berdampak positif pada pembentukan karakter dan nilai moral siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru penggerak, Pendidikan Agama Kristen |
Subjects: | L Education > L Education (General) Theology > Christian Theology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi |
Depositing User: | Ms Sarce Henukh |
Date Deposited: | 22 May 2025 03:14 |
Last Modified: | 22 May 2025 03:14 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5111 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |