TAE, Intan Siska Diana (2024) PENGARUH METODE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI KELAS VII SMP NEGERI 10 KOTA KUPANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
01. COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
03. BAB I.pdf Download (673kB) |
![]() |
Text
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (604kB) |
![]() |
Text
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) |
![]() |
Text
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (997kB) |
![]() |
Text
07. BAB V.pdf Download (358kB) |
![]() |
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (295kB) |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah hasil pembelajaran masih kurang efektif karena guru tidak menggunakan berbagai metode pembelajaran untuk mengajar. Guru tetap menggunakan metode ceramah, yang berarti mereka hanya membahas topik pelajaran di depan kelas tanpa mengetahui apakah siswa sudah memahaminya atau tidak. Akibatnya, pelajaran tidak menarik dan siswa menjadi pasif. Selain itu, siswa tidak banyak berinteraksi dengan gurunya dan tidak terlalu memperhatikan kegiatan pembelajaran. Sebagian besar siswa senang bermain dan berbicara sendiri dengan temannya di kelas, tetapi hanya sebagian kecil yang mendengarkan penjelasan guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah dirumuskan “apakah terdapat pengaruh metode scramble terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 10 Kota Kupang?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode scramble terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 10 Kota Kupang. Metode Penelitian yang digunakan adalah eksperimen post tes only control group design, dalam desain eksperimen ini terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random (R). Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari pengujian dua sampel yang menggunakan uji-t, data membuktikan bahwa nilai thitung = 5,34 > ttabel 2,042 pada taraf signifikan 0,05 (5%). Rata-rata skor hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 1025 dan rata-rata skor hasil belajar siswa pada kelas kontrol adalah 656. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kerangka berpikir dalam penelitian ini adalah sebelum menggunakan metode scramble hasil belajar kognitif siswa rendah, dibandingkan menggunakan metode scramble hasil belajar kognitif siswa meningkat. Kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh metode scramble terhadap hasil belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti di SMP Negeri 10 Kota Kupang. Saran bagi sekolah, adanya kerja sama dalam hal perizinan pembelajaran scramble, adanya buku sumber untuk menunjang proses pembelajaran dan adanya fasilitas untuk mempermudah siswa dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Scramble dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Theology > Christian Theology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi |
Depositing User: | Ms Sarce Henukh |
Date Deposited: | 21 May 2025 03:59 |
Last Modified: | 21 May 2025 04:19 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5084 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |