PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X SMA SWASTA KRISTEN TARUS TENGAH

KOEBANU, Yatir Coresa (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X SMA SWASTA KRISTEN TARUS TENGAH. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (895kB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (96kB)
[img] Text
3 BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
4 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text
5 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
6 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text
7 BAB V.pdf

Download (199kB)
[img] Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)

Abstract

Instrumen tes berbasis literasi sains adalah salah satu tes yang digunakan evaluasi pembelajaran yang bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes berbasis literasi sains pada materi pencemaran lingkungan di kelas X SMA Swasta Kristen Tarus Tengah yang berkualitas sehingga bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) atau penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Prosedur pengembangan: 1) Analisis (Analyze) 2) Desain (Design) 3) Pengembangan (Devolopment) 4) Implementasi (Implementation) 5) Evaluasi (Evaluation). Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh dari validator ahli media 79% dengan persentase baik, validator ahli desain 94%, validator ahli materi 75% dengan persentase baik, uji kelompok kecil 88% dan uji kelompok besar 88%, total keseluruhan yaitu 84% dari hasil persentasi ini maka instruemen tes berbasis literasi sains layak di gunakan di SMA Swasta Kristen Tarus Tengah.Dari hasil penelitian maka diketahui bahwa instrument tes berbasis literasi sains pada materi pencemaran lingkungan layak digunakan sebagai evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, instrument tes, literasi sains, pencemaran lingkungan
Subjects: L Education > Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ms Sarce Henukh
Date Deposited: 20 May 2025 04:16
Last Modified: 20 May 2025 04:16
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5062

Actions (login required)

View Item View Item