SISA, Tri Ofelan (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS CERITA BERGAMBAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI SMA SWASTA KRISTEN TARUS TENGAH. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf Download (961kB) |
![]() |
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
3 BAB 1.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
4 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) |
![]() |
Text
5 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (807kB) |
![]() |
Text
6 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
![]() |
Text
7 BAB V.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) |
Abstract
Berdasarkan analisis kebutuhan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media LKPD yang dapat membantu dan memudahkan siswa dalam mempelajari biologi. Jenis penelitian Research and Development (R&D) atau penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Prosedur pengembangan: 1) Analisis (Analyze) 2) Desain (Design) 3) Pengembangan (Devolopment) 4) Implementasi (Implementation) 5) Evaluasi (Evaluation). Rangkaian tahapan tersebut meliputi validasi ahli (ahli materi, ahli media dan ahli desain), uji kelompok kecil dan uji kelompok besar. Bedasarkan hasil validasi media LKPD berbasis Cerita bergambar ahli materi yaitu sebesar 70%, ahli media sebesar 98%, ahli desain sebesar 98%, uji coba kelompok kecil 87%, uji coba kelompok besar sebesar 89%. Total keseluruhan hasil validasi media LKPD berbasis cerita bergambar yaitu sebesar 88%. Hal ini didasarkan pada materi dinilai sangat baik sesuasi dengan KD dan KI mulai dari pengertian sistem pencernaan, bentuk-bentuk organ pencernan, cara kerja organ-organ pencernaan, keseuaian media dengan tujuan pembelajaran dinilai dengan baik dibuat dibuat dengan berbagai animasi gambar dan kuis yang menarik, kemenarikan desain media pembelajaran tampilan pada media LKPD sudah menarik, kemenarikan teks, gambar sangat jelas dan dekat dengan siswa dinilai baik. Berdasarkan hasil penilaian yang diberikan ahli materi, ahli media, ahli desain dan siswa dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran LKPD untuk materi sistem pencernaan pada manusia, sehingga dapat dikatakan bahwa media LKPD secara keseluruhan sudah layak dan baik digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa. Namun demikian, media pembelajaran LKPD dapat dikembangkan lagi dengan komposisi yang lebih menarik untuk menunjang proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media LKPD, Sistem pencernaan manusia |
Subjects: | L Education > Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ms Sarce Henukh |
Date Deposited: | 20 May 2025 04:27 |
Last Modified: | 20 May 2025 04:27 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5060 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |