TINJAUAN MODEL PEMANASAN BERBASIS PERMAINAN TERHADAP MINAT SISWA PADA PEMBELAJARAN SEPAK BOLA DI KELAS VIII SMPN 11 KUPANG

LEBANGU, Lukas (2024) TINJAUAN MODEL PEMANASAN BERBASIS PERMAINAN TERHADAP MINAT SISWA PADA PEMBELAJARAN SEPAK BOLA DI KELAS VIII SMPN 11 KUPANG. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img]
Preview
Text
Cover, Lembar Pengesahan, dan lain-lain-1-13.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK-4.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text
BAB II SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V SKRIPSI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Berdasarkanhasil pengamatan danwawancara awalpenulis pada saat pembelajaran sepak bola di kelas VIII SMPN 11 Kupang ditemukan bahwa siswa kurang berminat dalam pembelajaran sepak bola. Hal ini disebabkan oleh rutinitas pemanasan yang selalu sama dan diulang setiap kali pembelajaran dimulai, sehingga membosankan bagi siswa sehingga minat siswa dalam pembelajaran menurun. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui model pemanasan berbasis permainan terhadap minat siswa dalam pembelajaran sepak bola di SMPN 11 Kupang. Metode Penelitian : Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil dan Pembahasan : (1) Model pemanasan berbasis permainan terbukti lebih menarik dibandingkan model pemanasan statis atau dinamis biasa. (2) Aktivitas pemanasan berbasis permainan membantu siswa mempelajari teknik dasar seperti menggiring, menendang, dan mengontrol bola dengan lebih mudah karena latihan langsung yang relevan dengan pembelajaran inti. (3)Suasana pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. Pemanasan berbasis permainan tidak hanya mempersiapkan siswa secara fisik tetapijuga memberikan dorongan mental untuk lebih siap menghadapi pembelajaran inti. Simpulan : Model pemanasan berbasis permainan dalam pembelajaran sepak bola menunjukan ada perubahan minat belajar siswa dikarenakan model pemanasan ini lebih menarik, mudahkarena relevan dengan pembelajaran inti serta lebih interaktif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pemanasan, Permainan, Minat, Pembelajaran, Sepak Bola
Subjects: L Education > Sports
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Bertha Ndiy
Date Deposited: 13 May 2025 03:04
Last Modified: 13 May 2025 03:04
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5057

Actions (login required)

View Item View Item