UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI GULING DEPAN MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS 1 SD INPRES OEPURA 3

NENOTEK, Marlin E. (2024) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI GULING DEPAN MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS 1 SD INPRES OEPURA 3. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img]
Preview
Text
1. COVER, PENGESAHAN DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.BAB I.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text
4.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
5.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
6.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img]
Preview
Text
7.BAB V.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Latar belakang : Penelitian ini membahas tentang pembelajaran senam lantai guling depan menggunakan pendekatan bermain yang merupakan salah satu model pembelajaran guling depan dengan melibatkan seluruh aktivitas siswa tanpa ada perbedaan status sosial, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung unsur belajar dengan bermain. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua silkus. Waktu yang digunakan dalam penelitian ini selama dua bulan dan dilaksanakan di SD Inpres Oepura 3 Kota Kupang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tes dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini berdasarkan kriteria keberhasilan tindakan kelas sesuai dengan indikator yang merupakan ukuran atau patokan dalam menentukan berhasil dan tidak berhasilnya penelitian ini. Tingkat keberhasilan diukur apabila 75% siswa yang mengikuti proses belajar mencapai taraf keberhasilan minimal. Tujuan Penelitian : Tujuan Dari Penelitian ini Adalah untuk mengetahui pembelajaran senam lantai guling depan mengunakan pendekatan bermain pada Siswa Kelas I SD Inpres Oepura 3. Hasil dan pembahasan : Hasil penelitian ini dilakukan pada dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I tentang senam lantai guling depan diperoleh hasil sebesar 65,08 dalam kategori cukup baik. Hasil penelitian pada siklus II diperoleh nilai sebesar 86,4 dengan kategori sangat baik. Simpulan : Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan senam lantai guling depan siswa kelas I SD Inpres Oepura 3 Kota Kupang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan bermain, senam lantai guling depan.
Subjects: L Education > Sports
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Bertha Ndiy
Date Deposited: 13 May 2025 00:56
Last Modified: 13 May 2025 01:32
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5035

Actions (login required)

View Item View Item