PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MELALUI METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS V SDN TETELEK

SENGE, Rifaldo (2024) PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MELALUI METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS V SDN TETELEK. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img]
Preview
Text
1.COVER,PENGESAHAN DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text
4.BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
5.BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
6.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img]
Preview
Text
7.BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Berdasarkan hasil observasi peneliti pada siswa kelas V SDN Tetelek, ditemukan beberapa permasalahan dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang ditemukan adalah sebagai berikut (1) kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran penjaskes dengan materi lompat jauh, (2) banyaknya siswa yang tidak tuntas dalam pelajaran lompat jauh. Tujuan penelitian: ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas V SDN Tetelek dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament. metode penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK terdiri atas empat tahapan dalam tiap langkah. (perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi). Langkah pertama, kedua dan seterusnya system spiral yang saling terkait perlu diperhatikan oleh peneliti. Komponen tindakan dan observasi menjadi satu komponen karena kedua kegiatan ini dilakukan secara simultan. Hasil penelitian Berdasarkan hasil observasi, hasil penelitian dan pembahasan aka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran lompat jauh melalui metode team games tournament pada siswa kelas V SDN TETELEK selama dua siklus dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil pengamatan hasil belajar siswa dari 27 siswa, dan pada siklus I jumlah siswa yang mampu mencapai KKM sebanyak 12 (43%) siswa, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 27 (100%) siswa yang mampu mencapi nilai KKM 75. Sehingga dapat disimpulkan bahwaa ketuntasan TGT pada pembelajaran lompat jauh tersebut sudah mencapai 100% siswa yang tuntas dalam belajar. Simpulan: Berdasarkan uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan lompat jauh dengan metode TGT pada siswa kelas V SDN Tetelek tahun ajaran 2024/2025 sangat meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kooporatif, hasil belajar lompat jauh.
Subjects: L Education > Sports
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Bertha Ndiy
Date Deposited: 13 May 2025 01:08
Last Modified: 13 May 2025 01:09
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5034

Actions (login required)

View Item View Item