PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI SMP ANGKASA KUPANG TAHUN AJARAN 2018/2019

KAFOMAY, Irma S. (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI SMP ANGKASA KUPANG TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (865kB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
3 BAB I.pdf

Download (235kB)
[img] Text
4 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
5 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
6 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text
7 BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar berbasis pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa di SMP Angkasa Kota Kupang tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII-a SMP Angkasa kota Kupang yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan test hasil belajar yaitu pree-test dan post-test. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji hipotesis deskriptif (t-test) satu sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan media gambar berbasis pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa ada pengaruh yang signifikan. Karena nilai t hitung 22,896 dan nilai t tabel 2,056 maka harga nilai t hitung > t tabel. Hal tersebut tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara pretest dan posttest. Hal ini dapat dilihat dari bertambahnya pemahaman siswa mengenai pentingnya belajar membuat siswa menyadari bahwa untuk mendapatkan keberhasilan perlu adanya ketertarikan dalam memahami suatu konsep dalam pembelajaran, selain itu juga dilihat dari sikap siswa yang berantusias dalam belajar, memiliki rasa ingin tahu, dan berani menyampaikan pendapat saat proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan media gambar memiliki potensi yang cukup besar yaitu dapat mengembangkan ide siwa tentang suatu masalah dalam pembelajaran. Hasil penelitian dapat menunjukan bahwa ada pengaruh media gambar berbasis pendidikan karakter. Hal ini dikarenakan media gambar berbasis pendidikan karakter adalah media pembelajaran yang berpusat pada pebelajar atau siswa. Oleh karena itu penelitian dengan menggunakan media gambar berbasis pendidikan karakter berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMP Angkasa Kota Kupang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Media Gambar, pendidikan karakter, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ms Sarce Henukh
Date Deposited: 20 Nov 2024 01:46
Last Modified: 20 Nov 2024 01:46
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/4775

Actions (login required)

View Item View Item