PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME KAHOOT MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA

TOLAIK, Resna Marianti (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME KAHOOT MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (315kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (254kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB)

Abstract

pengembangan ini betujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran online berbasis game kahoot yang dapat membantu dan memudahkan siswa dalam mempelajari biologi. Jenis penelitian R&D atau penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan model 4D dengan tahapan yaitu 1) define 2) desain 3) development 4) dessminate. Rangkaian tahapan tersebut meliputi validasi ahli (ahli materi, ahli media dan ahli desain), uji kelompok kcil dan uji kelompok besar. Bedasarkan hasil validasi media pembelajaran online berbasis game kahoot oleh ahli materi yaitu sebesar 100%, ahli media sebesar 100%, ahli desain sebesar 95,83%, uji coba kelompok kecil 93,11%, uji coba kelompok besar sebesar 98,38%. Total keseluruhan hasil validasi media pembelajaran online berbasis game kahoot yaitu sebesar 97,2%. Berdasarkan hasil penilaian yang diberikan ahli materi, ahli media, ahli desain dan siswa dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran online berbasis game kahoot untuk materi sistem pencernaan pada manusia dikualifikasikan dalam kategori sangat valid, sehingga dapat dikatakan bahwa media pembelajaran online berbasis game kahoot secara keseluruhan sudah layak dan baik digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa kelas XI SMAN 6 Kupang. Namun demikian, media pembelajaran online dapat dikembangkan lagi dengan komposisi yang lebih menarik untuk menunjang proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media pembelajaran online, game kahoot, Pencernaan makanan pada manusia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 14 Nov 2024 05:57
Last Modified: 14 Nov 2024 05:57
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/4620

Actions (login required)

View Item View Item