PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT, TESTIMONI DAN KEAMANAN TRANSAKSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN HANASUI DI ONLINE SHOP SHOPEE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS KRISTEN ARTHA WACANA KUPANG

HIDJA, Febriance Mau (2024) PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT, TESTIMONI DAN KEAMANAN TRANSAKSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN HANASUI DI ONLINE SHOP SHOPEE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS KRISTEN ARTHA WACANA KUPANG. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (262kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (480kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (201kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul pengaruh celebrity endorsemnet, testimoni dan keamanan transaksi terhadap keputusan pembelian produk kecantikan hanasui di online shop Shopee pada mahasiswa Universitas Kristen Artha Wacana Kupang. Rumusan masalah yang akan di bahas dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh celebrity endorsement terhadap keputusan pembelian produk kecantikan hanasui di online shop Shopee pada mahasiswa Universitas Kristen Artha Wacana Kupang, apakah ada pengaruh testimoni terhadap keputusan pembelian produk kecantikan hanasui di online shop Shopee pada mahasiswa Universitas Kristen Artha Wacana Kupang, dan apakah ada pengaruh keamanan transaksi terhadap keputusan pembelian produk kecantikan hanasui di online shop Shopee pada mahasiswa Universitas Kristen Artha Wacana Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh celebrity endorsement terhadap keputusan pembelian produk kecantikan hanasui di online shop Shopee pada mahasiswa Universitas Kristen Artha Wacana Kupang, untuk menganalisis pengaruh testimoni terhadap keputusan pembelian produk kecantikan hanasui di online shop Shopee pada mahasiswa Universitas Kristen Artha Wacana Kupang dan untuk menganalisis pengaruh keamanan transaksi terhadap keputusan pembelian produk kecantikan hanasui di online shop Shopee pada mahasiswa Universitas Kristen Artha Wacana Kupang. Penentuan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Kristen Artha Wacana Kupang yang pernah berbelanja produk kecantikan merek hanasui di Shopee. Kemudian karna populasi tidak diketahui, maka penentuan sampel memnggunakan rumus Rao Purba menghasilkan 96 orang jumlah responden mahasiswa Universitas Kristen Artha Wacana Kupang yang biasa atau pernah berbelanja produk kecantikan merek hanasui di Shopee. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan melaui googleform. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, Uji parsial (uji t), Uji simultan(Uji F), dan koefisien determinasi (R2). Berdasarkan nilai indeks jawaban responden variabel kputusan pembelian diatas, nilai indeks setiap indikator berkisar antara 71,5 – 79,7. Dengan demikian jumlah dari seluruh indeks yaitu 382,2 dan nilai rata-rata indeks untuk variabel keputusan pembelian yaitu sebesar 76,44 berada dalam kategori tinggi. Berdasarkan nilai indeks jawaban responden variabel celebrity endorsement diatas, nilai indeks setiap indikator berkisar antara 73,5 – 77,9. Dengan demikian jumlah dari seluruh indeks yaitu 381,2 dan nilai rata-rata indeks untuk variabel online customer review yaitu sebesar 76,24 berada dalam kategori tinggi. Berdasarkan nilai indeks jawaban responden variabel testimoni diatas, nilai indeks setiap indikator berkisar antara 76,5 – 78,5. Dengan demikian jumlah dari seluruh indeks yaitu 232,6 dan nilai rata-rata indeks 46,5 berada dalam kategori Sedang. Jawaban responden mengenai keamanan transaksi (X3) berkisaran antara 77,2-80,4 Sementara untuk nilai rata-rata indeks variabel keamanan transaksi (X3) yaitu sebesar 78,48 berada dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil persamaan regresi linear berganda Y= 6,188 + 0,396 X1 + 0,327 X2 + 0,248 X3. Diketahui konstan regresi sebesar 6,188, kofisien regresi b1= 0,396, koefisien regresi b2= 0,327 dan koefisien regresi b3= 0,248. Nilai konstan sebesar 6,188 artinya jika nilai celebrity endorsement (X1), testimoni (X2) dan keamanan transaksi (X3) sama dengan nol, maka keputusan pembelian (Y) memiliki nilai sebesar 6,188 satuan. Koefesien regresi (b1) sebesar 0,396 artinya jika nilai celebrity endorsement (X1) mengalami kenaikan sebesar satu satuan, maka keputusan pembelian (Y) akan meningkat sebesar 0,396 satuan. Koefisien regresi bernilai positif artinya terdapat pengaruh positif celebrity endorsement (X1) terhadap keputusan pembelian (Y). Koefesien regresi (b2) sebesar 0,327 artinya jika testimoni (X2) mengalami kenaikan sebesar satu satuan, maka keputusan pembelian (Y) akan meningkat sebesar 0,327 satuan. Koefisien regresi bernilai positif, artinya terdapat pengaruh positif testimoni (X2) terhadap keputusan pembelian (Y). Koefisien regresi (b3) sebesar 0,248 artinya jika keamanan transaksi (X3) mengalami kenaikan sebesar satu satuan, maka keputusan pembelian (Y) akan meningkat sebesar 0,248 satuan. Koefisien regresi bernilai positif artinya terdapat pengaruh positif keamanan transaksi (X3) terhadap keputusan pembelian (Y). Implikasi Terapan: Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka peneliti dapat mengemukakan beberapa masukan sebagai berikut. Dengan diketahui bahwa Variabel Celebrity endorsement pada Shopee berada dikategori tinggi dan indikator yang rendah yaitu pada pernyataan Produk kecantikan Hanasui mempengaruhi pandangan saya terhadap daya tarik fisik celebrity, dengan indeks 73,5 hal ini perlu dipertahankan bahkan ditingkatkan. Dengan diketahui Variabel Testimoni pada shopee berada dikategori tinggi dan indikator yang rendah yaitu pada pernyataan Testimoni yang masuk akal dan sesuai fakta dari pembeli produk kecantikan Hanasui merupakan pengakuan untuk mempengaruhi keputusan pembelian produk tersebut, dengan nilai indeks 76,5 hal ini perlu dipertahankan bahkan ditingkatkan. Dengan diketahui Variabel Keamanan transaksi pada shopee berada dikategori tinggi dan indikator yang rendah yaitu pada pernyataan Saya merasa lebih yakin untuk membeli produk kecantikan Hanasui dishopee, karena saya percaya dengan kualitas produk tersebut, dengan nilai indeks 77,2 hal ini perlu dipertahankan bahkan ditingkatkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial celebrity endorsement berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk kecantikan hanasui di online shop Shopee pada mahasiswa Univrsitas Artha Wacana Kupang, secara parsial testimoni berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk kecantikan hanasui di online shop shopee pada mahasiswa Univrsitas Artha Wacana Kupang, secara parsial keamanan transaksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk kecantikan hanasui di online shop shopee pada mahasiswa Univrsitas Artha Wacana Kupang dan secara simultan celebrity endorsement, teatimoni dan keamanan transaksi berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian produk kecantikan hanasui di online shop Shopee pada mahasiswa Universitas Artha Wacana Kupang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Celebrity endorsement, testimoni dan keamanan transaksi, keputusan pembelian
Subjects: Economic > Economy Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Manajemen
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 17 Sep 2024 02:46
Last Modified: 17 Sep 2024 02:46
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/4472

Actions (login required)

View Item View Item