ANONE, Chrisen Donaldo (2024) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI ALFAMART KOTA KUPANG. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
01. COVER.pdf Download (523kB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
03. BAB I.pdf Download (105kB) |
![]() |
Text
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
![]() |
Text
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
![]() |
Text
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
![]() |
Text
07. BAB V.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (107kB) |
Abstract
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Alfamart Kota Kupang. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah accidental sampling dengan jumlah responden 96 orang. Populasinya adalah seluruh konsumen Alfamart Kota Kupang. Data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner. Kemudian teknik analisis data menggunakan metode regresi linear berganda. Berdasarkan penyajian data hasil analisis yang dilakukan, maka peneliti dalam pembahasan ini akan membahas hasil peneliti sesuai dengan permasalahan yang penulis ajukan. Pembahasan ini merupakan jawaban atas permasalahan, sehingga dapat diketahui gambaran tentang ada tidaknya pengaruh antara variabel bebas yaitu kualitas pelayanan (reliability, tangibles, responsiveness, assurance, dan empathy) terhadap variabel terikat yaitu keptusan pembelian. Berdasarkan hasil analisis pendahuluan diperoleh hasil untuk variabel Kualitas Pelayanan dengan 10 pertanyaaan memiliki nilai indeks yang berada dalam kategori tinggi. Pada analisis regresi linear berganda dengan uji F, nilai sig. (0,000) < 0,05 artinya signifikan. Hal ini menunjukan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa variable independen secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Pada Uji T, variabel realiability memiliki nilai signifikansi sebesar 0.0165 (> 0.05) maka dapat disimpulkan bahwa reliability tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel tangibles memiliki nilai signifikansi sebesar 0.245 (> 0.05) maka dapat disimpulkan bahwa tangibles tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel responsivenes memiliki nilai signifikansi sebesar 0.005 (< 0.05) maka dapat disimpulkan bahwa responsivnes berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel assurance memiliki nilai signifikansi sebesar 0.077 (> 0.05) maka dapat disimpulkan bahwa assurance tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel empathy memiliki nilai signifikansi sebesar 0.004 (< 0.05) maka dapat disimpulkan bahwa empathy berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai konstanta (a) memiliki nilai positif sebesar 13.816. Tanda positif artinya menunjukkan pengaruh yang searah antara variabel independen dan variabel dependen. Hal ini menunjukkan bahwa jika semua variabel independen bernilai 0 persen atau tidak mengalami perubahan, maka nilai keputusan pembelian adalah 2,305. Nilai koefisien regresi untuk variabel reliability (X1) yaitu sebesar 0.165. Nilai tersebut menunjukkan pengaruh positif antara variabel reliability dan keputusan pembelian. Hal ini artinya jika variabel reliability mengalami kenaikan sebesar 1%, maka sebaliknya variabel keputusan pembelian akan mengalami peningkatan sebesar 0.165. Dengan asumsi bahwa variabel lainnya tetap konstan. Nilai koefisien regresi untuk variabel tangibles (X2) yaitu sebesar 0.245. Nilai tersebut menunjukkan pengaruh positif antara variabel tangibles dan keputusan pembelian. Hal ini artinya jika variabel tangibles mengalami kenaikan sebesar 1%, maka sebaliknya variabel keputusan pembelian akan mengalami peningkatan sebesar 0.245. Dengan asumsi bahwa variabel lainnya tetap konstan. Nilai koefisien regresi untuk variabel responsivenes (X3) yaitu sebesar 0,003. Nilai tersebut menunjukkan pengaruh positif antara variabel responsivenes dan keputusan pembelian. Hal ini artinya jika variabel responsivenes mengalami kenaikan sebesar 1%, maka sebaliknya variabel keputusan pembelian akan mengalami peningkatan sebesar 0.003. Dengan asumsi bahwa variabel lainnya tetap konstan. Nilai koefisien regresi untuk variabel assurance (X4) yaitu sebesar 0.007. Nilai tersebut menunjukkan pengaruh positif antara variabel assurance dan keputusan pembelian. Hal ini artinya jika variabel assurance mengalami kenaikan sebesar 1%, maka sebaliknya variabel keputusan pembelian akan mengalami peningkatan sebesar 0.007. Dengan asumsi bahwa variabel lainnya tetap konstan. Nilai koefisien regresi untuk variabel empathy (X5) yaitu sebesar 0.004. Nilai tersebut menunjukkan pengaruh positif antara variabel empathy dan keputusan pembelian. Hal ini artinya jika variabel empathy mengalami kenaikan sebesar 1%, maka sebaliknya variabel keputusan pembelian akan mengalami peningkatan sebesar 0.004. Dengan asumsi bahwa variabel lainnya tetap konstanKata Kunci : Kualitas Produk, Harga dan Kepuasan Pelanggan. Berdasarkan kepada tabel di atas diketahui nilai Adjusted R square sebesar 0,594 (59.40%), Ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model regresi yang didapatkan dimana variabel independen yaitu kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap variabel keputusan pembelian sebesar 59.40 %. Sedangkan sisanya (100% - 59.40% = 40.6%) dijelaskan dengan faktor atau variabel lain yang tidak diketahui dan tidak termasuk dalam analisis regresi ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian, Alfamart Kota Kupang |
Subjects: | Economic > Economy Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Ekonomi Manajemen |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 01:45 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 01:45 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/4454 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |