FAKTOR PENENTU PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSBILITY (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)

KII, Yunita Inna (2024) FAKTOR PENENTU PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSBILITY (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA). Undergraduate thesis, Uninversitas Kristen Arta Wacana.

[img] Text
01. COVER - DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (271kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Faktor Penentu Pengungkapan Corporate Social Responsbility (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Perusahaan di anggap banyak memberi keuntungan bagi masyarakat, seperti memberikan kesempatan kerja, menyediakan barang konsumsi, jasa, membayar pajak, memberi sumbangan, dan lain-lain. Akan tetapi, reputasi serta image yang baik juga dibutuhkan oleh perusahaan, karena jika perusahaan memiliki reputasi yang buruk maka akan berimbas pada keuntungan yang di peroleh perusahaan itu sendiri, begitupun sebaliknya. semakin banyak aktivitasnya perusahaan yang tanpa didasari menimbulkan persoalan lingkungan, seperti polusi udara, pencemaran lingkungan, kebisingan, deskriminasi, pemaksaan, dan kesewenang-wenangan. Oleh karena itu, perusahaan di haruskan untuk melakukan pertanggung jawaban sosial perusahaan atau Corporate Social Responsbility. Corporate Social Responsbility merupakan gagasan yang membuat perusahaan tidak hanya bertanggung jawab dalam keuangan saja tetapi juga terhadap masalah sosial dan lingkungan sekitar perusahaan agar perusahaan tumbuh secara berkelanjutan. Kewajiban untuk melaksanakan Corporate Social Responsbility terdapat dalam peraturan pemerintah No. 47 Tahun 2012 yang menyatakan bahwa perusahaan yang melakukan kegiatan usaha di bidang yang berkaitan dengan sumber daya alam wajib melakukan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Peraturan mengenai tanggung jawab sosial perusahaan tersebut merupakan bentuk ketegasan pemerintah terhadap perusahaan go public, dan seharusnya di imbangi kesadaran dari perusahaan untuk melakukan Corporate Social Responsbility. Praktik pengungkapan Corporate Social Responsbility di Indonesia telah mendapat perhatian yang cukup besar. Hal ini di latar belakangi seiring dengan perkembangan demokrasi, dan masyarakat yang semakin kritis, serta perusahaan sudah mulai di tuntut untuk memberikan informasi yang transparan atas aktivitas sosialnya. Dalam pelaksanaannya pengungkapan CSR dianggap dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor penentu yaitu, ukuran perusahaan, likuiditas, profitabilitas dan kepemilikan manajerial terhadap pengungkapan Corporate Social Responsbility. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, likuiditas, profitabilitas, dan kepemilikan manajerial terhadap pengungkapan Corporate Social Responsbility (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Metode pengumpulan data dalam penelitian yaitu dokumentasi. Dokumentasi merupakan suatu cara yang di gunakan untuk memperoleh data dan informasi dalam bentuk buku, dokumen, tulisan, dan gambar yang berupa laporan serta keterangan yang dapat mendukung penelitian. Dokumentasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Melalui website resmi perusahaan-perusahaan yang bersangkutan. Metode pengumpulan sampel yang di gunakan adalah pruposive sampling dengan total sampel sebanyak 22 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian ini secara simultan ukuran perusahaan, profitabilitas dan kepemilikan manajerial berpengaruh positif terhadap pengungkapan Corporate Social Reponsbility. Likuiditas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsbility.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Profitabilitas dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Corporate Social Responsbility
Subjects: Economic > Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Akuntansi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 27 Aug 2024 04:32
Last Modified: 27 Aug 2024 04:32
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/4346

Actions (login required)

View Item View Item