PENGEMBANGAN BUKU BERGAMBAR TUMBUHAN OBAT DI DESA OETETA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI

WAWO, Marlinda Bela (2024) PENGEMBANGAN BUKU BERGAMBAR TUMBUHAN OBAT DI DESA OETETA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)

Abstract

Penelitian pengembangan buku bergambar tumbuhan obat dilatarbelakangi oleh sebuah buku yang menunjukkan teks dengan gambar. Kedua bagian ini bekerjasama untuk menghasilkan manfaat dan gambar. Biasanya buku bergambar dimaksudkan untuk mendorong mahasiswa ke arah apresiasi kecintaan terhadap buku. Selain isi buku bergambar harus menarik, buku harus mengandung gambar sehingga mempengaruhi minat mahasiswa untuk mempelajari dunia botani tanaman obat. Penulis seharusnya menggunakan data-data, konsep, atau teori yang mutakhir, tidak terdapat kesalahan konsep yang fatal, akurat dalam mendeksripsikan bahasan. Selain itu, materi atau isi buku gambar harus lengkap komprehensif, dan konsisten sesuai dengan karakteristik bidang atau ruang lingkup buku gambar. Kekomplitan materi meliputi masuknya pembahasan yang sangat penting dan sesuai. Kekomprehensifan materi isi bermakna pembahasan yang menyeluruh untuk setiap topik. Konsisten dalam pembahasan artinya bahwa keseluruhan pembahasan berada dalam jalur bidang ilmunya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan buku bergambar tanaman obat Pada materi dunia Botani sebagai sumber belajar yang layak digunakan didalam proses pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitianin adalah model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Hasil penelitian yang diperoleh dari uji ahli materi 75% dengan kualifikasi baik, uji ahli desain 100%, uji ahli media 95%, ujikelompok kecil 94% dan uji kelompok besar 99%. Persentase penilaian menunjukkan adanya respon positif terhadap buku bergambar tumbuhan obat yang dikembangkan sehingga menunjukkan bahwa buku bergambar tanaman obat yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar karena buku bergambar tanaman obat tersebut sesuai dengan tujuan pembelajaran, Hal ini dikarenakan buku bergambar tanaman obat yang dikembangkan memiliki kelebihan tersendiri, dimana karakter gambar yang terdapat pada buku bergambar di buat dengan desain yang menarik dan gambar yang ada di dalam buku bergambar dapat menarik perhatian mahasiswa sehingga materi pembelajaran akan lebih mudah dipahami mahasiswa serta dapat membantu mahasiswa untuk mengetahui materi dunia botani.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Buku Bergambar, Sebagai Sumber Belajar
Subjects: L Education > Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 07 Aug 2024 06:09
Last Modified: 07 Aug 2024 06:09
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/4204

Actions (login required)

View Item View Item