SIKI, Vincensius (2023) TINJAUAN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMAN INSANA TENGAH. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
3 BAB I.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
4 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
![]() |
Text
5 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) |
![]() |
Text
6 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (841kB) |
![]() |
Text
7 BAB V.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7kB) |
Abstract
Latar belakang: Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana jumlah dan kondisi sarana prasarana pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMAN Insana Tengah. Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sarana prasarana pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMAN Insana Tengah. Metode penelitian: Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang digunakan sebagai cara atau prosedur untuk memecahkan suatu masalah. Hasil dan pembahasan: Hasil Penelitian menunjukkan bahwa sarana prasarana di SMAN Insana Tengah masih sangat kurang. Sarana prasarana yang mendukung proses pembelajaran Pendidikan jasmani Olahraga dan kesehatan di SMAN Insana Tegah adalah 59 sarana prasarana tetapi dalam kondisi baik atau yang layak di pakai berjumlah 58 sarana prasarana sedangkan yang tidak layak di pakai berjumlah 1 sarana. Namun Sesuai penetapan standar dan kategori sarana dan prasarana pendidikan sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 24 Tahun 2007 tentang standar sarana dan prasarana pendidikan jasmani untuk SMA/MA. Dari hasil analisis deskriktif dapat dijelaskan bahwa sarana dan prasarana pendidikan jasmani dan olahraga yang ada di SMAN Insana Tengah yang meliputi cabang olahraga permainan, senam dan atletik masih tergolong kurang. Kurangnya sarana prasarana, disiasati guru dengan memodifikasi pembelajaran, baik itu sarana prasarana maupun metode belajar. Dengan cara tersebut, adanya unsur pendorong untuk meningkatkan kreatifitas siswa dan hasil belajar. Simpulan: Penelitian ini menunjukan bahwa sarana prasarana pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMAN Insana Tengah belum ideal sesuai minimum Permendiknas tentang sarana prasarana. Untuk membantu meningkatkan kualitas belajar siswa, maka pengadaan sarana prasarana sangat dibutuhkan agar dapat menambah minat dan keaktifan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sarana dan prasarana, pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > Sports |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 04:59 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 04:59 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/3800 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |