ELIA, Jelniangrien (2024) UPAYA GURU PENDIDIKANAGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI PAK BAGI SISWA KELAS V DI SD INPRES TOUIU DESA SAINDULE KECAMATAN ROTE BARAT LAUT TAHUN AJARAN 2023. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
01. COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (769kB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
03. BAB I.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
![]() |
Text
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
![]() |
Text
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
![]() |
Text
07. BAB V.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
Abstract
Masalah penelitian ini ialah Bagaimana upaya guru PAK untuk meningkatkan Literasi PAK bagi siswa kelas V di SD Inpres Touiu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Kristen untuk meningkatkan Literasi PAK. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data (Display Data), pengambilan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru Pendidikan Agama Kristen untuk meningkatkan Literasi PAK bagi siswa meliputi mengajar seperti menyusun RPP dan mempersiapkan sarana prasarana, melatih kemampuan membaca Alkitab menuliskan tokoh-tokoh dan kerjasama dengan orang tua yaitu membimbing anak membaca di rumah. Dari pihak sekolah sudah menaruh perhatian penuh dalam upaya meningkatkan Literasi PAK namun belum maksimal karena tentu saja masih ada kekurangan dari guru PAK dan juga dari diri siswa. Dalam upaya peningkatan tersebut guru PAK di tuntut untuk lebih kreatif dalam penyusunan bahan ajar dan dalam penggunaan metode sehingga tidak monoton. Guru PAK juga di tuntut untuk selalu mengikuti perkembangan anak sudah sejauh mana hal apa saja yang masih kurang dalam diri anak agar berdiskusi dengan pimpinan untuk mencari solusi terbaik. Dan yang masih menjadi kendala dalam diri anak yaitu belum konsisten membaca Alkitab walaupun sudah di berikan motivasi dukungan dari keluarga dan guru apabila anak sendiri belum tergugah untuk mencintai Alkitab maka ini akan menjadi masalah yang berkepanjangan dan barulah terselesaikan apabila ada kesadaran sendiri dari dalam diri anak. Untuk itu guru PAK perlu terus mengupayakan dan mengembangkan potensi yang di miliki oleh guru PAK sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran terkhususnya bagi Literasi PAK.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru PAK, Literasi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Theology > Christian Theology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 05:48 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 05:48 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/3739 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |