ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL HOTS TES AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN AGAMA KRISTEN DI KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 KUPANG BARAT TAHUN AJARAN 2022/2023

KENA, Welis (2023) ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL HOTS TES AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN AGAMA KRISTEN DI KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 KUPANG BARAT TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01. COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (557kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (236kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah dirumuskan “Bagaimana kualitas butir soal HOTS semester genap mata pelajaran PAK buatan guru PAK kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kupang Barat? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas soal HOTS pada mata pelajaran agama Kristen. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Kupang Barat sejumlah 26 siswa. Instrumen penelitian ini meliputi soal pilihan ganda tipe HOTS, kunci jawaban, dan lembar jawaban hasil pekerjaan siswa, yang kemudian dianalisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari total 25 soal pilihan ganda terdapat 36% soal yang masuk dalam kategori valid, sedangkan 64% soal masuk pada kategori tidak valid. Kemudian untuk reliabilitas nilai koefisien sebesar 0,572. Sementara itu soal yang masuk kategori mudah, sedang, dan sukar pada indeks tingkat kesukaran masing-masing sebesar 68%, 12%, dan 20%. Kemudian soal yang masuk kategori cukup, jelek, dan tidak baik pada indeks daya beda masing-masing sebesar 8%, 84%, dan 8%. Selanjutnya pada indeks pengecoh soal yang masuk kriteria tidak baik, kurang baik, cukup baik masing-masing sebesar 72%, 24%, dan 4%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa soal tipe HOTS pada tes akhir semester genap mata pelajaran agama Kristen belum layak digunakan sebagai alat penilai kompetensi siswa. Saran untuk guru dan peneliti selanjutnya yaitu sebagai berikut: (1) sebelum memberikan tes atau ujian kepada siswa, guru wajib untuk melakukan analisis butir terlebih dahulu agar instrumen yang digunakan dapat diketahui tingkat kevalidannya; (2) guru diarahkan agar mampu meningkatkan pemahaman dan kemampuan dalam penyusunan instrumen tes agar butir-butir soal yang dihasilkan lebih berkualitas; dan (3) pelaksanaan tes harus bersifat adil bagi seluruh siswa dengan proporsi perbandingan soal yang seimbang sesuai apa yang telah dipelajari; (4) mengadakan pelatihan bagi setiap guru tentang soal tipe HOTS; (5) Untuk penelitian lanjutan tentang analisis butir soal HOTS menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif; dan (6) menganalisis kualitas butir soal HOTS sesuai kurikulum merdeka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Soal pilihan ganda tipe HOTS, validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, efektivitas pengecoh, pendidikan agama Kristen
Subjects: Theology > Christian Theology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 06 Jun 2024 05:07
Last Modified: 06 Jun 2024 05:07
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/3730

Actions (login required)

View Item View Item