YANDRID, Henny Estifania (2024) IDENTIFIKASI KESULITAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTENDAN BUDI PEKERTI DALAM MELAKSANAKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SD GMIT KUANINO 1 KECAMATAN KOTA RAJA, KOTA KUPANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
01. COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (720kB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
03. BAB I.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
![]() |
Text
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
![]() |
Text
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
![]() |
Text
07. BAB V.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
Abstract
Kajian dalam penelitian ini adalah Identifikasi Kesulitan Guru Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti dalam melaksanakan Kurikulum Belajar di SD GMIT Kuanino 1 Kota Kupang, Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan guru PAK dalam melaksanakan kurikulum merdeka belajar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja yang menjadi kesulitan guru PAK dalam melaksanakan kurikulum merdeka belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dimana penulis melakukan wawancara kepada guru PAK dan guru kelas, untuk mendapatkan informasi yang akurat dalam penulisan karya ilmiah ini. Penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara di SD GMIT KUANINO 1. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat aspek kesulitan yaitu: 1 belum ada pelatihan terhadap guru PAK, 2 keterbatasan sarana penunjang, 3 keterbatasan dalam membuat modul ajar dan Silabus atau ATP, 4 terbatasnya pemahaman penilaian asesmen kurikulum merdeka. Kesulitan guru PAK dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka adalah kurangnya pemahaman guru tentang kurikulum merdeka belajar dan sarana prasarana belum memadai, kesulitan guru akan terus berlanjut karena pelatihan belum dijalankan dengan semestinya Sehingga guru kesulitan dalam menerapkan kurikulum Merdeka belajar secara efektif dan efisien. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat 4 aspek kesulitan yang dialami oleh guru PAK dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar yaitu belum memahami struktur pelaksanaan kurikulum merdeka dengan seutuhnya karena belum ada pelatihan terhadap guru PAK, belum bisa menyusun modul RPP atau silabus yang sesuai dengan tuntutan kurikulum mereka belajar, kesulitan dalam melakukan asesment atau penilaian sesuai dengan kurikulum merdeka belajar, dan fasilitas yang tidak menunjang seperti buku siswa yang belum ada sehingga guru hanya menggunakan media elektronik untuk mendownload materi-materi dari internet. Bagi penelitian selanjutnya, semoga dapat mengkaji lebih lanjut mengenai kesulitan guru PAK dalam melaksakan kurikulum merdeka belajar untuk lebih melengkapi dan menyempurnakan penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Guru, PAK, Kurikulum Merdeka. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Theology > Christian Theology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 05:50 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 05:50 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/3701 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |