MEYOK, Dody Alberto (2023) PENGARUH PERILAKU KEWIRAUSAHAAN DAN PEMASARAN TERHADAP PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI KELURAHAN OESAPA KECAMATAN KELAPA LIMA KOTA KUPANG. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (5kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4kB) |
Abstract
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan usaha yang memberikan sumbangan serta kontribusi yang sangat besar bagi perekonomian Indonesia, dimana UMKM bukan suatu yang asing dan tidak perlu dipertimbangkan lagi keberadaannya. Informasi yang disampaikan oleh kementerian bidang koperasi dan UMKM (2020), UMKM merupakan usaha yang memberikan masukan serta kontribusi yang sangat berpengaruh bagi masyarakat Indonesia dengan terciptanya investasi nasional serta adanya peningkatan bruto PDB Nasional, maupun dalam menyerap tenaga kerja dalam mendapatkan pekerjaan. Adanya tingkat pengangguran yang tinggi sebagai akibat dari krisis ekonomi yang di Indonesia, memberikan pelajaran berharga tentang perlunya kreativitas dari setiap individu untuk tidak mengandalkan pekerjaan dari orang lain, melainkan menciptakan lapangan pekerjaan yang dapat menyerap tenaga kerja dan menghidupkan kembali roda perekonomian Indonesia. Dalam berwirausaha, pelaku usaha harus pandai dalam berperilaku sehingga dalam memasarkan produk yang dipasarkan dapat tersalurkan oleh konsumen sehingga dapat memberikan kontribusi bagi pendapatan usahanya. Kenaikan manfaat ekonomi selama satu periode akuntansi dalam bentuk pemasukan atau penambahan aset atau penurunan kewajiban yang mengakibatkan kenaikan ekuitas yang tidak berasal dari kontribusi penanam modal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Perilaku Kewirausahaan Dan Pemasaran Terhadap Pendapatan UMKM Di Kelurahan Oesapa Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha UMKM dengan jenis usaha warung makan, kantin sekolah, jagung bakar, bakso, dan gorengan sebanyak 35 pada pelaku usaha UMKM di kecamatan Kelapa Lima. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS komputer. Hasil penelitian ini dapat menunjukkan bahwa Secara persial Variabel perilaku kewirausahaan (X1) diketahui berpengaruh signifikan terhadap pendapatan (Y) UMKM di Kelurahan Oesapa Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang dan Secara persial Variabel pemasaran (X2) diketahui tidak berpengaruh siknifikan terhadap pendapatan (Y), UMKM di Kelurahan Oesapa Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Kewirausahaan, Pemasaran, Pendapatan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory Economic > Economy Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Ekonomi Manajemen |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 01:24 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 01:24 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/3393 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |