RANTAI PEMASARAN IKAN TUNA SIRIP KUNING (Thunnusalbacares) YANG DIDARATKAN DI TPI MAUMERE KABUPATEN SIKKA

PUKA, Andrianus Geleda (2023) RANTAI PEMASARAN IKAN TUNA SIRIP KUNING (Thunnusalbacares) YANG DIDARATKAN DI TPI MAUMERE KABUPATEN SIKKA. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
COVER.pdf

Download (38kB)
[img] Text
RINGKASAN.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)

Abstract

Ikan tuna merupakan salah satu sumber bahan baku hasil perikanan yang berperan penting bagi sector perkembangan perekonimian di Indonesia. Ikan tuna memiliki potensi sumber daya yang tersedia cukup besar di perairan Indonesia, bernilai ekonomis tinggi, serta potensial menjadikanya sebagai salah satu ikan yang banyak diburu oleh nelayan. Selain itu ikan tuna dapat dijadikan bahan baku yang dapat diolah menjadi berbagai macam produk olahan sehingga dapat menciptakan peluang bisnis yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Ikan tuna memiliki peluang pasar yang bagus untuk pasokan dalam Negeri maupun serta belum ada batasan kuota perdagangan, maka perlu diimbangi dengan peningkatan sistem pemasaran ikan tuna. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui rantai pemasaran ikan tuna sirip kuning (Thunnus albacares) yang didaratkan Di TPI Maumere Kabupaten Sikka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara (kuisioner) dan dokumentasi. Saluran pemasaran ikan tuna di TPI Maumere melalui 3 saluran yaitu saluran pemasaran I, saluran pemasaran II dan saluran pemasaran III. Fungsi-fungsi pemasaran yang diterapkan oleh Nelayan, Pedagang Pengumpul dan Pedagang Pengecer di TPI Maumere tidak sepenuhnya dilakukan pada setiap saluran.Margin Pemasaran yang diterima pasa saluran pemasaran II adalah Rp.700.000 dan pada saluran pemasaran III adalah Rp.800.000 yang menunjukan bahwa perbedaan margin pemasaran yang diterima pada saluran pemasaran II dan saluran pemasaran III semakin panjang saluran pemasaran maka semakin tinggi margin yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Saluran pemasaran, obsrvasi, TPI Maumere.
Subjects: T Technology > Fishery
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumber Daya Perairan
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 13 Dec 2023 05:31
Last Modified: 13 Dec 2023 05:31
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/2912

Actions (login required)

View Item View Item