KOMBINASI PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMPS ADVENT NUSRA NOELBAKI

NATONIS, Arden (2023) KOMBINASI PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMPS ADVENT NUSRA NOELBAKI. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (485kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (165kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (84kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa di SMPS Advent Nusra Noelbaki. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen atau eksperimen semu, metode penelitian ini digunakan untuk mengetahui pengaruh dari suatu perlakuan yang dilakukan pada suatu kondisi tertentu. Desain penelitian yang digunakan adalah desain pre-test post-test dengan dua kelompok random. Tujuan diberikan pre-test dan post-test yaitu untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam memahami dan menangkap materi yang sudah diberikan pada saat pembelajaran dilaksanakan. Tes ini berupa soal esai sebanyak 10 soal. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Guru IPA dan siswa kelas VIII A SMPS Advent Nusra Noelbaki yang berjumlah 22 siswa. Rencana analisis data mengunakan uji normalitas dengan desain One Group Pretest-Posttest Design dan aplikasi SPSS untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitan nilai kategori tersebut dapat di lihat Pada Indikator memberikan penjelasan sederhana sebelum 36,3% dan sesudah 60,5%. Indikator membangun ketrampilan dasar sebelum 25%, dan sesudah 43,1%. Indikator menyimpulkan sebelum 24,5% dan sesudah 40,4%. Indikator membuat penjelasan lanjut sebelum 25% dan sesudah 53,1%. Indikator mengatur strategi dan taktik sebelum 31,8% dan sesudah 50%. Sedangkan Uji normalitas menunjukan bahwa nilai signifikansi. Pretest 0,003 < 0,05 maka data berdistribusi tidak normal sedangkan nilai signifikansi. Posttest 0,216 > 0,05, maka data berdistribusi normal. Sehingga disimpulkan bahwa data dalam penelitian ini tidak normal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kombinasi Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas), Media Pembelajaran Visual, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Subjects: L Education > Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:40
Last Modified: 10 Jul 2023 04:40
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/2375

Actions (login required)

View Item View Item