ENGA, Erni Rambu Lika (2023) ANALISIS PERSEPSI GURU, SISWA DAN ORANG TUA MENGENAI PROSES PEMBELAJARAN IPA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS VIII A SMP NEGERI 20 KOTA KUPANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
01 HALAMAN DEPAN.pdf Download (519kB) |
![]() |
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
03 BAB 1.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
04 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
![]() |
Text
05 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
![]() |
Text
06 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) |
![]() |
Text
07 BAB V.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Persepsi Guru, Siswa dan Orang Tua mengenai Pembelajaran IPA pada masa Pandemi COVID-19 di kelas VIII A SMP Negeri 20 Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek Penelitian ini adalah Guru IPA kelas VIII berjumlah 5 Orang, Siswa-siswi kelas VIII A berjumlah 31 Orang, dan Orang Tua Siswa berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik Observasi, Teknik Wawancara, dan Kuesioner/Angket. Hasil penelitian di SMP Negeri 20 Kota Kupang dan menganalisis berbagai data temuan, penulis dapat menyimpulkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran di SMP Negeri 20 Kota Kupang selama masa pandemi, baik guru, siswa maupun orang tua memiliki persepsi masing-masing. Siswa mengatakan bahwa pembelajaran yang dilakukan disekolah tersebut meskipun dilakukan dengan metode pembelajaran daring, namun siswa tetap antusias mengikuti pembelajaran. Selain siswa, guru mengatakan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah tersebut kurang efektif karena dilakukan secara daring dimana, dampak dari pembelajaran daring ini adalah siswa kurang mengerti dan memahami materi dan soal-soal yang dibagikan oleh guru. Orang tua mengatakan bahwa pembelajaran daring ini kurang efektif karena waktu untuk bekerja harus digunakan untuk mendampingi anak ketika belajar dan juga harus menyediakan Handphone dan kuota internet supaya bisa mengakses materi yang dibagikan oleh guru. Metode pembelajaran daring menggunakan aplikasi Zoom dan Whatssap Group yang digunakan untuk membagikan materi pembelajaran dan mengirimkan tugas. Selain mengajar secara daring melalui aplikasi, guru melakukan kunjungan ke rumah siswa untuk memberikan penjelasan tambahan mengenai soal-soal latihan yang tidak dikerjakan oleh siswa seminggu sekali dan juga sebulan sekali. Dalam pelaksanaannya orang tua memfasilitasi seperti laptop, komputer, Handphone, dan kuota internet untuk kelancaran proses belajar siswa, dan juga berperan dalam mendampingi dan mengawasi siswa selama belajar dirumah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Guru, Siswa, Orang Tua, Proses Pembelajaran di masa Pandemi, Proses Pembelajaran IPA. |
Subjects: | L Education > Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 04:33 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 04:33 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/2370 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |