PENGARUH KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENGELOLA KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD INPRES KAYU PUTIH KECAMATAN KUPANG TIMUR KABUPATEN KUPANG TAHUN 2022

NAITBOHO, Onam Marselina (2022) PENGARUH KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENGELOLA KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD INPRES KAYU PUTIH KECAMATAN KUPANG TIMUR KABUPATEN KUPANG TAHUN 2022. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (652kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (85kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)

Abstract

Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh kepemimpinan guru pendidikan agama kristen dalam mengelola kelas terhadap motivasi belajar siswa SD Inpres Kayu Putih Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kepemimpinan guru pendidikan agama Kristen dalam mengelola kelas terhadap motivasi belajar siswa SD Inpres Kayu Putih Kecamatan Kupang Timur Kabupaten kupang. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDI Kayu putih yang berjumlah 31 orang dan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang beragama Kristen protestan yang berjumlah 28 Orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi yaitu penulis membagikan pertanyaan tertulis kepada responden untuk dijawab setiap pertanyaan yang diberikan sesuai pengalaman yang merekaalami dilapangan. Selanjutnya, Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment, teknik ini yang digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengujian diperoleh Rhitung= 0,99 Rtabel= 0,37 atau Rhitung> Rtabel. Dengan demikian maka H1 diterima dan H2 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh antara kepemimpinan guru PAK dalam mengelola kelas terhadap motivasi belajar siswa. Saran yang dapat disampaiakan antara lain Bagi pihak sekolah agar meningkatkan pengelolaan kelasnya, bukan hanya itu diharapkan guru juga dapat meningkatkan keterampilan mengajarnya supaya proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan menyenangkan, Bagi siswa diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan motivasi belajarnya baik itu karena mendapat dorongan dari luar maupun dari dalam dirinya sendiri, Bagi orang tua diharapkan memberikan motivasi kepada siswa dengan memberikan semangat dalam belajar dan kehormatan atas usaha belajar anak, dan menciptakan suasana lingkungan belajar yang kondusif di rumah, Bagi peneliti, peneliti pendidikan yang tertarik untuk mengadakan penelitian ini, agar dapat meneliti lebih mendalam lagi terkait dengan pengelolaan kelas dan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: L Education > L Education (General)
Theology > Christian Theology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 06 Jun 2023 02:04
Last Modified: 06 Jun 2023 02:04
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/2322

Actions (login required)

View Item View Item