SELAN, Yesi Ester (2023) ANALISIS MINAT BELAJAR MAHASISWA MENGIKUTI PERKULIAHAN DI PROGRAM STUDI ILMU PENDIDIKAN TEOLOGI TAHUN AKADEMIK 2022/2023. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
01 COVER.pdf Download (329kB) |
![]() |
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
03 BAB I.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
04 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
![]() |
Text
05 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) |
![]() |
Text
06 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
![]() |
Text
07 BAB V.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (36kB) |
Abstract
Menurunnya prestasi akademik pada program studi IPT dengan jumlah para mahasiswa dan mahasiswi yang berkurang setiap semesternya bisa saja disebabkan dari minat belajar para mahasiswa dan mahasiswi yang berasal dari faktor eksternal dan juga faktor internal. Oleh karena itu sangat perlu untuk mengetahui bagaimana minat belajar dari para mahasiswa dan mahasiswi program studi IPT agar dapat meningkatkan prestasi akademik pada program studi yang lebih baik.Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah metode penelitian Deskriptif kualitatif yang didominasi dengan data kuantitatif yang kemudian dijadikan data utama kualitatif dan dianalisis dengan menggunakan model presentase untuk memudahkan peneliti dalam menarik kesimpulan melalui beberapa pernyataan positif terkait dengan minat belajar melalui kuesioner terbuka yang dibagikan kepada para responden. Berdasarkan analisis hasil penelitian lapangan menunjukkan bahwa minat belajar mahasiswa program studi IPT FKIP UKAW kurang baik. Sebab minat belajar hanya didorong dari luar diri melalui berbagai jenis tugas dari setiap dosen pengasuh mata kuliah. Hal ini dibuktikan dari jawaban para informan yang mencapai 90% yang mengatakan mereka terpaksa belajar karena banyak tugas yang diberikan dosen pengasuh mata kuliah. Padahal minat belajar yang baik harusnya timbul dari komitmen diri sendiri untuk giat belajar agar mencapai prestasi akademik yang tinggi.Minat belajar seseorang sangat berpengaruh positif baik secara individual maupun untuk lembaga pendidikan seperti prestasi akademik. Karena itu minat belajar dari faktor eksternal maupun faktor internal perlu untuk di perhatikan dalam perkuliahan dengan cara banyak mendengar setiap keluh kesah mahasiswa dan mahasiswi dalam perkuliahan seperti melakukan evaluasi setiap bulan atau tiga bulan sekali dalam setiap semester pembelajaran karena para mahasiswa dan mahasiswi merupakan faktor utama dari suatu keberhasilan yang ada di kampus terutama program studi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar, prestasi Akademik |
Subjects: | L Education > L Education (General) Theology > Christian Theology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 04:59 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 04:59 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/2297 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |