BANI, Marlin Yati (2021) PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HANDPHONE OPPO DI KOTA KUPANG. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
|
Text
01. COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text
03. BAB I.pdf Download (244kB) | Preview |
|
![]() |
Text
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
|
![]() |
Text
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
|
![]() |
Text
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) |
|
|
Text
07. BAB V.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) | Preview |
Abstract
Banyaknya pilihan merek dan model handphone di pasaran akan mempengaruhi sikap seseorang terhadap pembelian dan pemakaian handphone. Faktor citra merek dan kualitas produk merupakan indikator yang mempengaruhi terbentuknya keputusan pembelian konsumen untuk membeli sebuah produk. Kemampuan perusahaan dalam menciptakan produk yang inovatif dan sesuai keinginan dan perilaku konsumen. Penulis melakukan penelitian ini bertitik tolak dari permasalahan yang sering ditemui dilokasi penelitian yaitu apakah citra merek dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk handphone oppo di kota kupang. Kemudian penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah citra merek dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk handphone oppo di kota kupang. Menurut Kotler dan Keller (2009), citra merek adalah proses dimana seseorang memilih, mengorganisasikan, dan mengartikan masukan informasi untuk menciptakan suatu gambaran yang berarti. Kertajaya (2007) mengemukakan pendapatnya bahwa yang dimaksud dengan citra merek adalah gebyar dari seluruh asosiasi yang terkait pada suatu merek yang sudah ada di benak konsumen. Proses pengambilan keputusan diawali dari adanya kebutuhan yang berusaha untuk terpenuhi. Pemenuhan kebutuhan ini terkait dengan beberapa alternatif sehingga perlu dilakukan evaluasi yang bertujuan untuk memperoleh alternative yang baik dari konsumen. Menurut Kotler (2014:184) keputusan pembelian konsumen yaitu keputusan akhir perorangan dan rumah tangga yang membeli barang dan jasa untuk konsumen pribadi. Penelitian yang penulis lakukan disini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan Statistik Deskriptif dengan bantuan tabel dalam jumlah presentase. Penelitian ini dilakukan di sekitaran kota kupang, dan sampel dari penelitian ini sebanyak 100 orang sebagai responden. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan kuesioner. Sedangkan didalam pembahasannya menggunakan alat analisis Regresi Linear Berganda. Hipotesis pertama (H1) ditolak dari hasil perhitungan regresi linear berganda diperoleh dari nilai signifikan untuk pengaruh variabel citra merek (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) adalah 0.041 > 0,05, dan t tabel = t (α/2; n-k-1 = (0,05/2; 100-3-1) = ( 0,025;96 ) =1,984. Berarti nilai t hitung > t tabel ( 2.070 >1,984 ), maka Ha diterima dan Ho ditolak dengan demikian dapat disimpulkan bahwa citra merek (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) di Kota Kupang. Hipotesis kedua (h2), hipotesis kedua (H2) ditolak dari hasil perhitungan regresi linear berganda diperoleh dari nilai signifikan untuk pengaruh variabel kualitas produk (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) adalah 0,000 < 0,05 , dan t tabel = t (α/2; n-k-1 = (0,05/2; 100-3-1) =( 0,025;96 ) =1,984. Berarti nilai t hitung > t tabel (10,747> 1,984 ), maka Ha diterima dan Ho ditolak dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kualita produk (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian(Y) produk handphone oppo Di Kota Kupang. Hasil uji simultan ( uji f), hasil pengujian maka nilai t hitung sebesar 1,446 dengan nilai f tabel sebesar 84.379 dan tingkat signifika sebesar 0,000. Karena nilai f hitung lebih kecil dari f tabel dan tingkat signifikan lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 maka dapt disimpulkan bahwa citra merek (X1), kualitas produk(X2) terdapat pengaruh bersama- sama terhadap keputusan pembelian produk handphone oppo di Kota Kupang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Citra merek, kualitas produk, keputusan pembelian |
Subjects: | Economic > Economy Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Ekonomi Manajemen |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 00:58 |
Last Modified: | 28 Jul 2022 02:03 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/784 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |