ANALISIS PRINSIP PEMILIHAN DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 1 KOTA KUPANG

TANDE, Ance Loli (2021) ANALISIS PRINSIP PEMILIHAN DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 1 KOTA KUPANG. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img]
Preview
Text
A. COVER.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
C. BAB I.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img]
Preview
Text
G. BAB V.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Permasalahan utama pada penelitian ini adalah prinsip guru dalam pemilihan dan pemanfaatan media pembelajaran yang dilakukan guru pada saat kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian adalah agar Bapak Ibu/guru IPA di SMP Negeri 1 Kota Kupang dapat memperhatikan Prinsip Pemilihan Media terlebih dahulu sebelum Media dimanfaatkan. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian riset lapangan. Teknik pngumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Prosedur penelitiannya adalah: penelitian terdahulu, tahap perencanaan, dan tahap pelaksanaan, teknik analisisnya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap 7 guru IPA dan 2 siswa, prinsip pemilihan efekitifitas dengan rata-rata hasil persentase 100% menunjukan bahwa 7 guru IPA memperhatikan prinsip efektifitas sebelum media di manfaatkan, pada prinsip efisiensi 55,5% 4 guru IPA tidak memperhatikan prinsip efisiensi dapat dilihat juga pada 1 siswa menunjukan bahwa guru IPA tidak memperhatikan prinsip efisiensi, pada prinsip relevansi 100% menunjukan bahwa ke 7 guru IPA memperhatikan prinsip relevansi, pada prinsip produktifitas 100% menunjukan bahwa ke 7 guru IPA memperhatikan prinsip produktifitas, sedangkan pada pemanfaatan media pembelajaran yang jelas dan menarik dengan rata-rata persentase 11,1% menunjukan bahwa 1 orang siswa tidak mendapatkan pelajaran yang jelas dan menarik, proses pembelajaran menjadi lebih interaktif 11,1% menunjukkan bahwa 1 orang siswa tidak mendapatkan proses pembelajaran yang lebih interaktif, dan kesulitan yang di temui dalam pemanfaatan media pembelajaran IPA 100% menunjukkan bahwa dari setiap guru dan juga siswa mengalami kesulitan dalam pemanfaatan media. Prinsip pemilihan dan pemanfaatan media pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Kota Kupang “Cukup Baik”

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Prinsip Pemilihan, Pemanfaatan Media, Pembelajaran IPA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 20 Jul 2022 00:50
Last Modified: 20 Jul 2022 00:50
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/699

Actions (login required)

View Item View Item