PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS JOYFULL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SMP NEGERI 1 OMFOANG BARAT DAYA TAHUN AJARAN 2020/2021

AKALAU, Fransina (2021) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS JOYFULL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SMP NEGERI 1 OMFOANG BARAT DAYA TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img]
Preview
Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text
4 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
5 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
6 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img]
Preview
Text
7 BAB V.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Amfoang Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Strategi pembelajaran berbasis Joyfull Learningterhadap hasil belajar. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Posstest-Only Control Design. Populasi seluruh siswa kelas VIII berjumlah 52 siswa dan sampel kelas VIIIA dan kelas VIIIB berjumlah 26 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalahteknik sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar. Data hasil belajar siswa yang diperoleh dianalisis menggunakan Uji t, dengan bantuan SPSS For Windows versi 25.0. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung>ttabelatau 5,885>2,008 dengan signifikan 0,000 atau kurang dari 0,05 hal tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan eksperimen . Hal ini dapat dilihat dari adanya pengaruh terhadap pemahaman siswa mengenai pentingnya belajar membuat siswa menyadari bahwa untuk mendapatkan keberhasilan perlu adanya ketertarikan dalam memahami suatu konsep dalam pembelajaran, selain itu juga dilihat dari sikap siswa yang berantusias dalam belajar, memiliki rasa ingin tahu, dan berani menyampaikan pendapat saat proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan strtegi pembelajaran joyfull learning memiliki potensi yang cukup besar yaitu dapat mengembangkan ide siswa tentang suatu masalah dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat persentase hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar siswa pada kelas kontrol yaitu C1 84,61 %, C2 82,30% , C3 80,28% dan C4 77,40%.Adanya strategi pembelajaran pada kelas eksperimen, karena kelas eksperimen diberikan perlakuan, sedangkan kelas kontrol tidak diberikan perlakuan. Sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh yang signifikan dalam penggunaan strategi pembelajaran joyfull learning terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Strategi joyful learning, Hasil Belajar Siswa kognitif siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:03
Last Modified: 19 Jul 2022 03:03
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/678

Actions (login required)

View Item View Item