KABU, Destri (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB (KELILING KELOMPOK) DI SMP NEGERI MET’ANA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
|
Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text
3 BAB I.pdf Download (231kB) | Preview |
|
![]() |
Text
4 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
|
![]() |
Text
5 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
|
![]() |
Text
6 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
|
|
Text
7 BAB V.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (159kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri Met’ana. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model Round Club (Keliling Kelompok) pada siswa kelas VIII A SMP Negeri Met’ana. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK. Penerapan model yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah model Round Club (Keliling Kelompok) dengan 4 langkah yaitu : 1) rencana, 2) tindakan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan teknik analisisnya menggunakan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, guru masih kurang dalam mengontrol siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung sehingga hasil belajar siswa hanya mencapai 64,70%. Dengan demikian hasil belajar siswa pada siklus 1 belum mencapai KKM yang telah ditetapkan sehingga akan dilanjutkan ke siklus berikutnya yaitu siklus II. Pada siklus II, guru telah memperbaiki atau menyempurnakan kesalahan dari siklus I. Sintaks model pembelajaran Round Club (Keliling Kelompok) dapat membantu guru menuntun siswa bekerja dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru dan memberikan pendapat mereka masing-masing mengenai tugas tersebut, siswa telah memahami dengan baik materi yang diberikan oleh guru sehingga hasil belajar siswa pada siklus II dapat meningkat menjadi 82,35% dan telah memenuhi KKM. Dengan adanya peningkatan ini maka penelitian diberhentikan pada siklus II. Dengan demikian proses pembelajaran yang diterapkan dengan menggunakan model Round Club (Keliling Kelompok) dalam penelitian tindakan kelas (PTK) dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dan meningkatkan partisipasi siswa dalam kelompok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Round Club (Keliling Kelompok), Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 04:02 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 04:02 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/643 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |