PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SMP NEGERI 1 KUPANG BARAT TAHUN AJARAN 2020/2021

ORU, Apliana Baja (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SMP NEGERI 1 KUPANG BARAT TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img]
Preview
Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB I.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text
4 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text
5 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
6 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img]
Preview
Text
7 BAB V.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Permasalahan utama pada penelitian ini adalah kurangnya Hasil belajar siswa masi rendah Di kelas VII SMP Negeri 1 Kupang barat . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa pada materi klasifikasi makluk hidup dengan menggunakan model pembelajaran bertukar pasangan di SMP Negeri 1 Kupang Barat Tahun Ajaran 2020 /2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 3 rombongan belajar yaitu VIIA-VIIC dengan jumlah kelas VII seluruhnya 106 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan mengunkan post-test di dapatkan populasi dan sampel penelitian yaitu kelas VIIA dengan jumlah 14 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB dengan jumlah 14 siswa sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan yaitu berbentuk posttest-only control design. Teknik analisis data menggunakan Uji t, dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa Hasil Belajar Kognitif Siswa pada kelas eksperimen tinggi memiliki persentase sebesar pada rana mengingat (C1) 92,85 %,. ranah Memahami (C2) memiliki persentase 84,28% , rana menerapakan(C3) memeliki presentase 77,14 %.sedangkan hasil belajar pada kelas kontrol memiki presentase tertinggi pada rana mengingat 77,14%, hasil belajar pada rana memahami memikili presentase 62,85%, pada rana memahami memeliki presentase 48,21 %.Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung>ttabel atau 17,392> 2,055 pada taraf signifikansi atau kurang dari 0,05tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran bertukar pasangan terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa antara kelas eksperimen dan kontrol. Adanya Pengaruh Hasil Belajar Kognitif Siswa pada kelas Eksperimen Dan Kelas Kontrol,Karena Kelas Eksperimen Menggunakan Model Pembelajaran Bertukar Pasangan Sedangkan Kelas Kontrol Menggunakan Metode Diskusi. Sehingga Dapat Disimpulkan Bahwa Penelitian Ini Adalah Terdapat Pengaruh Yang Signifikasi Pada Model Pembelajaran Bertukar Pasangan Terhadap Hasil Kognitif Siswa .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Bertukar Pasangan Hasil Belajar Kognitif Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 15 Jul 2022 01:31
Last Modified: 15 Jul 2022 01:31
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/583

Actions (login required)

View Item View Item