PENDIDIKAN KRISTIANI BAGI KEADILAN EKOLOGIS: Suatu Tinjauan Pendidikan Agama Kristen terhadap Metode Pengajaran bagi Anak dalam Pelayanan PART di Jemaat GMIT Imanuel Oepura dalam Mempersiapkan Pendidikan Kristiani yang Berkeadilan Ekologis dan Sumbangsihnya bagi Pengajaran PART di GMIT.

DA CUNHA, Sony Gabriell (2025) PENDIDIKAN KRISTIANI BAGI KEADILAN EKOLOGIS: Suatu Tinjauan Pendidikan Agama Kristen terhadap Metode Pengajaran bagi Anak dalam Pelayanan PART di Jemaat GMIT Imanuel Oepura dalam Mempersiapkan Pendidikan Kristiani yang Berkeadilan Ekologis dan Sumbangsihnya bagi Pengajaran PART di GMIT. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
a. Cover (Cover, lembar pengesahan, kata pengantar, daftar isi).pdf

Download (865kB)
[img] Text
b. Abstrak.pdf

Download (56kB)
[img] Text
c. Pendahuluan.pdf

Download (217kB)
[img] Text
d. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
e. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
f. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
g. Penutup.pdf

Download (110kB)
[img] Text
h. Bibliografi (Daftar Pustaka).pdf

Download (118kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis metode pengajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam pelayanan Anak, Remaja, dan Taruna (PART) di Jemaat GMIT Imanuel Oepura, dengan fokus pada pengembangan pendidikan Kristiani yang berkeadilan ekologis. Latar belakang penelitian ini adalah persoalan ekologi, khususnya masalah sampah yang menjadi tantangan serius di lingkungan sekitar gereja dan jemaat, serta belum optimalnya keterlibatan gereja dalam upaya pelestarian lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengajaran PART yang digunakan saat ini cenderung masih berpusat pada model ceramah dan tanya jawab, yang belum sepenuhnya menyentuh aspek kesadaran ekologis. Padahal, gereja sebagai representasi kehadiran Allah di tengah dunia seharusnya turut serta menyuarakan keadilan ekologis sejak dini, terutama kepada anak-anak. Metode pengajaran menurut James W. White yang meliputi pengalaman bersama, pembelajaran paralel, kontribusi aktif, dan interaksi timbal balik dinilai relevan dalam membentuk karakter anak yang peduli lingkungan. Refleksi teologis dalam penelitian ini menegaskan bahwa manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah untuk memelihara ciptaan-Nya. Penelitian ini merekomendasikan agar GMIT, khususnya Jemaat Imanuel Oepura, mulai menyusun kurikulum dan metode pengajaran yang kontekstual dan ekologis, serta mengintegrasikan nilai-nilai ekoteologis dalam pendidikan anak. Pendidikan Kristiani tidak hanya membentuk iman, tetapi juga membangun tanggung jawab moral anak terhadap lingkungan sebagai bagian dari panggilan iman Kristiani.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kristiani, Keadilan Ekologis, PART, Metode Pengajaran.
Subjects: Theology
Divisions: Fakultas Teologi > Teologi Agama Kristen
Depositing User: Ms Sarce Henukh
Date Deposited: 10 Dec 2025 04:20
Last Modified: 10 Dec 2025 04:20
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5725

Actions (login required)

View Item View Item