DA CUNHA, Sony Gabriell (2025) PENDIDIKAN KRISTIANI BAGI KEADILAN EKOLOGIS: Suatu Tinjauan Pendidikan Agama Kristen terhadap Metode Pengajaran bagi Anak dalam Pelayanan PART di Jemaat GMIT Imanuel Oepura dalam Mempersiapkan Pendidikan Kristiani yang Berkeadilan Ekologis dan Sumbangsihnya bagi Pengajaran PART di GMIT. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
|
Text
a. Cover (Cover, lembar pengesahan, kata pengantar, daftar isi).pdf Download (865kB) |
|
|
Text
b. Abstrak.pdf Download (56kB) |
|
|
Text
c. Pendahuluan.pdf Download (217kB) |
|
|
Text
d. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
|
|
Text
e. Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
|
|
Text
f. Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
|
|
Text
g. Penutup.pdf Download (110kB) |
|
|
Text
h. Bibliografi (Daftar Pustaka).pdf Download (118kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis metode pengajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam pelayanan Anak, Remaja, dan Taruna (PART) di Jemaat GMIT Imanuel Oepura, dengan fokus pada pengembangan pendidikan Kristiani yang berkeadilan ekologis. Latar belakang penelitian ini adalah persoalan ekologi, khususnya masalah sampah yang menjadi tantangan serius di lingkungan sekitar gereja dan jemaat, serta belum optimalnya keterlibatan gereja dalam upaya pelestarian lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengajaran PART yang digunakan saat ini cenderung masih berpusat pada model ceramah dan tanya jawab, yang belum sepenuhnya menyentuh aspek kesadaran ekologis. Padahal, gereja sebagai representasi kehadiran Allah di tengah dunia seharusnya turut serta menyuarakan keadilan ekologis sejak dini, terutama kepada anak-anak. Metode pengajaran menurut James W. White yang meliputi pengalaman bersama, pembelajaran paralel, kontribusi aktif, dan interaksi timbal balik dinilai relevan dalam membentuk karakter anak yang peduli lingkungan. Refleksi teologis dalam penelitian ini menegaskan bahwa manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah untuk memelihara ciptaan-Nya. Penelitian ini merekomendasikan agar GMIT, khususnya Jemaat Imanuel Oepura, mulai menyusun kurikulum dan metode pengajaran yang kontekstual dan ekologis, serta mengintegrasikan nilai-nilai ekoteologis dalam pendidikan anak. Pendidikan Kristiani tidak hanya membentuk iman, tetapi juga membangun tanggung jawab moral anak terhadap lingkungan sebagai bagian dari panggilan iman Kristiani.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Kristiani, Keadilan Ekologis, PART, Metode Pengajaran. |
| Subjects: | Theology |
| Divisions: | Fakultas Teologi > Teologi Agama Kristen |
| Depositing User: | Ms Sarce Henukh |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 04:20 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 04:20 |
| URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5725 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
