TAMAR, Adi Ina Dembi (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 LEWA TIDAHU KABUPATEN SUMBA TIMUR TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
|
Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf Download (502kB) | Preview |
|
|
Text
3 BAB I.pdf Download (236kB) | Preview |
|
![]() |
Text
4 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
|
![]() |
Text
5 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) |
|
![]() |
Text
6 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) |
|
|
Text
7 BAB V.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang ditemukan adalah rendahnya aktivitas belajar siswa. Salah satu faktor yang menyebabkan aktivitas belajar siswa rendah adalah guru lebih banyak menggunakan metode mengajar ceramah sehingga cenderung membuat siswa pasif dan berpusat pada guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Concept Attainment terhadap aktivitas belajar. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Posstest-Only Control Design. Populasi seluruh siswa kelas VIII berjumlah 88 siswa dan sampel kelas VIIIA (13 siswa) dan kelas VIIIC (15 siswa). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi. Data aktivitas belajar siswa yang diperoleh dianalisis menggunakan Uji t, dengan bantuan SPSS For Windows versi 22. Berdasarkan hasil uji homogenitas diperoleh nilai F sebesar 0,856 serta hasil uji hipotesis diperoleh nilai t 5,525 dengan signifikan 0,000 atau kurang dari 0,05 hal tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukan bahwa aktivitas belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi yaitu kegiatan aktif dalam pembelajaran mendapatkan persentase 6,66%, kegiatan aktif bertanya mendapatkan persentase 6,66%, kegiatan aktif menjawab mendapatkan persentase 20%, kegiatan aktif mendengarkan mendapatkan persentase 46,6% dan kegiatan membawa peralatan belajar mendapatkan persentase 20%. Hal ini dikarenakan pada kelas eksperimen siswa terlibat aktif dalam menentukan dan menyusun konsep pembelajaran sehingga siswa lebih aktif dalam pembelajaran, aktif bertanya dan menjawab, aktif mendengarkan penjelasan guru dan siswa membawa peralatan belajar secara lengkap. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Concept Attainment terhadap aktivitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Concept Attainment, Aktivitas Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 00:15 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 00:15 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/572 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |