PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 LEWA TIDAHU KABUPATEN SUMBA TIMUR TAHUN AJARAN 2020/2021

TAMAR, Adi Ina Dembi (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 LEWA TIDAHU KABUPATEN SUMBA TIMUR TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img]
Preview
Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB I.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text
4 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
5 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
6 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[img]
Preview
Text
7 BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ditemukan adalah rendahnya aktivitas belajar siswa. Salah satu faktor yang menyebabkan aktivitas belajar siswa rendah adalah guru lebih banyak menggunakan metode mengajar ceramah sehingga cenderung membuat siswa pasif dan berpusat pada guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Concept Attainment terhadap aktivitas belajar. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Posstest-Only Control Design. Populasi seluruh siswa kelas VIII berjumlah 88 siswa dan sampel kelas VIIIA (13 siswa) dan kelas VIIIC (15 siswa). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi. Data aktivitas belajar siswa yang diperoleh dianalisis menggunakan Uji t, dengan bantuan SPSS For Windows versi 22. Berdasarkan hasil uji homogenitas diperoleh nilai F sebesar 0,856 serta hasil uji hipotesis diperoleh nilai t 5,525 dengan signifikan 0,000 atau kurang dari 0,05 hal tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukan bahwa aktivitas belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi yaitu kegiatan aktif dalam pembelajaran mendapatkan persentase 6,66%, kegiatan aktif bertanya mendapatkan persentase 6,66%, kegiatan aktif menjawab mendapatkan persentase 20%, kegiatan aktif mendengarkan mendapatkan persentase 46,6% dan kegiatan membawa peralatan belajar mendapatkan persentase 20%. Hal ini dikarenakan pada kelas eksperimen siswa terlibat aktif dalam menentukan dan menyusun konsep pembelajaran sehingga siswa lebih aktif dalam pembelajaran, aktif bertanya dan menjawab, aktif mendengarkan penjelasan guru dan siswa membawa peralatan belajar secara lengkap. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Concept Attainment terhadap aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Concept Attainment, Aktivitas Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 15 Jul 2022 00:15
Last Modified: 15 Jul 2022 00:15
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/572

Actions (login required)

View Item View Item