HAKI, Frederikus (2025) PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KEMUDAHAN PENGUNAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KUOTA DI APLIKASI MY TELKOMSEL PADA MASYARAKAT KOTA KUPANG. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text
03. BAB I.pdf Download (374kB) |
![]() |
Text
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
![]() |
Text
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
![]() |
Text
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (614kB) |
![]() |
Text
07. BAB V.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (82kB) |
Abstract
Rumusan masalah yang akan di bahas dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh harga terhadap keputusan pembelian kuota di aplikasi My Telkomsel pada masyarakat Kota Kupang, apakah ada pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian kuota di aplikasi My Telkomsel pada masyarakat Kota Kupang, dan apakah ada pengaruh kemudahan pengunaan terhadap keputusan pembelian kuota di aplikasi My Telkomsel pada masyarakat Kota Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apahkah harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian kuota di aplikasi My Telkomsel pada masyarkat Kota Kupang, untuk mengetahui apahkah promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian kuota di aplikasi My Telkomsel pada masyarkat Kota Kupang dan untuk mengetahui apahkah harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian kuota di aplikasi My Telkomsel pada masyarkat Kota Kupang. Penentuan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kota Kupang yang pernah atau biasa berbelanja di aplikasi My Telkomsel. Kemudian karna populasi tidak diketahui, maka penentuan sampel memnggunakan rumus rao purba menghasilkan 96 orang jumlah responden masyarakat Kota Kupang yang biasa atau pernah berbelanja di aplikasi My Telkomsel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan melaui googleform. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, Uji parsial (uji t), Uji simultan(Uji F), dan koefisien determinasi (R2). Berdasarkan nilai indeks jawaban responden variabel harga (X1) diatas, nilai indeks setiap indikator berkisar antara 82,684 – 81,755. Dengan demikian jumlah dari seluruh indeks yaitu 329,291 dan nilai rata-rata indeks untuk variabel harga yaitu sebesar 82,32275 berada dalam kategori tinggi. Berdasarkan nilai indeks jawaban responden variabel promosi (X2) diatas, nilai indeks setiap indikator berkisar antara 86,855 – 86,016. Dengan demikian jumlah dari seluruh indeks yaitu 345,413 dan nilai rata-rata indeks 86,35325 berada dalam kategori tinggi. Sementara untuk nilai rata-rata indeks variabel Kemudahan pengunaan (X3) yaitu dengan nilai indeks 86,029 – 85,718 berada dalam kategori tinggi. Dengan demikian jumlah dari seluruh indeks yaitu 338,154 dan nilai rata-rata indeks 84,5385 berada dalam kategori tinggi Berdasarkan hasil persamaan regresi linear brganda Y= 3,682 + 0,413 X1 + 0,341 X2 + 0,408 X3. Diketahui konstan regresi sebesar 3,682, kofisien regresi b1=0,413, koefisien regresi b2= 0,341 dan koefisien regresi b3= 0,408. Nilai konstan sebesar 3,682 artinya jika nilai Harga (X1), Promosi (X2) dan Kemudahan Pengunaan (X3) sama dengan nol, maka keputusan pembelian (Y) memiliki nilai sebesar 3,682 satuan. Koefesien regresi (b1) sebesar 0,413 artinya jika nilai harga (X1) mengalami kenaikan sebesar satu satuan, maka keputusan pembelian (Y) akan meningkat sebesar 0,413 satuan. Koefisien regresi bernilai signifikan artinya terdapat pengaruh harga (X1) terhadap keputusan pembelian (Y). Koefesien regresi (b2) sebesar 0,341 artinya jika promosi (X2) mengalami kenaikan sebesar satu satuan, maka keputusan pembelian (Y) akan meningkat sebesar 0,341 satuan. Koefisien regresi bernilai signifikan, artinya terdapat pengaruh signifikan variabel promosi (X2) terhadap keputusan pembelian (Y). Koefisien regresi (b3) sebesar 0,408 artinya jika kemudahan pengunaaan (X3) mengalami kenaikan sebesar satu satuan, maka keputusan pembelian (Y) akan meningkat sebesar 0,408 satuan. Koefisien regresi bernilai signifikan artinya terdapat pengaruh signifikan variabel kemudahan pengunaan (X3) terhadap keputusan pembelian (Y). Implikasi Terapan: Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka peneliti dapat mengemukakan beberapa masukan sebagai berikut. Dengan diketahui bahwa variabel harga pada My Telkomsel di kategori baik dan terlihat bahwa semua indikator variabel mendapatkan respon yang baik maka hal ini perlu di pertahankan bahkan di tingkatkan. Dengan diketahui bahwa variabel promosi pada pada My Telkomsel di kategori baik dan terlihat bahwa semua indikator promosi mendapatkan respon yang baik maka hal ini perlu dipertahankan bahkan ditingkatkan. Dengan diketahui bahwa variabel kemudahan pengunaan pada My Telkomsel di kategori baik dan terlihat bahwa semua indikator kemudahan pengunaan mendapatkan respon yang baik maka hal ini perlu dipertahankan bahkan ditingkatkan. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan agar meneliti lebih jauh lagi tentang indikator harga pada indikator harga, karena memiliki nilai indeks dalam kategori sedang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kuota di aplikasi My Telkomsel pada masyarakat Kota Kupang, secara promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kuota di aplikasi My Telkomsel pada masyarakat Kota Kupang, secara parsial kemudahan pengunaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kuota di aplikasi My Telkomsel pada masyarakat Kota Kupang dan secara simultan harga, promosi dan kemudahan pengunaan berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian di aplikasi My Telkomsel pada masyarakat Kota Kupang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Harga, Promosi dan Kemudahan Pengunaan Terhadap Keputusan Pembelian. |
Subjects: | Economic > Economy Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Ekonomi Manajemen |
Depositing User: | Ms Sarce Henukh |
Date Deposited: | 09 Jun 2025 05:33 |
Last Modified: | 09 Jun 2025 05:33 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5360 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |