KUE, Martinus Laurensius Laru (2024) PENERAPAN MODE-MODEL PERMAINAN PEMANASAN DALAM PEMBELAJARAN SEPAK BOLA DI SEKOLAH DASAR INPRES LILIBA. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
1.COVER,PENGESAHAN DAN DAFTAR ISI.pdf Download (384kB) |
![]() |
Text
2.ABSTRAK.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
3.BAB I.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
4.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
![]() |
Text
5.BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
![]() |
Text
6.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
![]() |
Text
7.BAB V.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
Abstract
Latar belakang: Bedasarkan hasil pengamatan peneliti selama mengajar di kelas V SD Inpres Liliba ditemukan beberapa permasalahan dalam pembelajaran. Permasalahan tersebut adalah sebagai berikut (1) kurang semangatnya siswa dalam mengikuti pembelajaran penjas, (2) minimnya permainan yang diberikan sehingga membuat jenuh para siswa, (3) belum diketahui penerapan model-model permainan pemanasan dalam pembelajaran sepak bola. Tujuan penelitian: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Model-Model Permainan Pemanasan Dalam Pembelajaran Sepak Bola di SD Inpres Liliba Metode penelitian: Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang digunakan sebagai cara atau prosedur untuk mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dan pembahasan: Berdasarkan hasil wawancara dan hasil penelitian tentang Pembelajaran sepak bola seperti yang diajarkan oleh guru penjasorkes bahwa dalam proses pembelajaran guru melakukan refleksi, benahi dan mempunyai rencana supaya peserta didik aktif dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran banyak siswa tidak aktif saat mengikuti pelajaran sehingga dengan melakukan penerapan model-model permainan pemanasan dapat meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pelajaran sepak bola. Dengan adanya penerapan model-model permainan seperti mengoper bola meliwati atas kepala, mengoper bola meliwati anggota regu secara zig - zag, dan menoper bola meliwati kedua paha yang dilakukan selama 15 menit dapat meningkatkan motifasi siswa saat mengikuti pembelajaran sepak bola. Siswa menunjukan antusiasme dan moivasi yang tinggi dalam mengikuti pembelajaran. Namun, masih terdapat beberapa kendala dalam proses pembelajaran, seperti siswa melakukan kesalahan saat melakukan permainan dan permainan tidak berjalan dengan baik. Simpulan: Peneliti menyimpulkan bahwa Data hasil Penerapan Model-Model Permainan Pemanasan Dalam Pembelajaran Sepak Bola di SD Inpres Liliba masih kurang efektif karena masih terdapat beberapa hambatan yang dihadapi dalam proses pembelajaran berlangsung dikarenakan ada beberapa siswa yang belum bisa melakukan permainan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanasan, Permainan, Pembelajaran, Sepakbola. |
Subjects: | L Education > Sports |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Ms Sarce Henukh |
Date Deposited: | 19 May 2025 05:11 |
Last Modified: | 19 May 2025 05:11 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5172 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |